Hubungan antara self leadership dan parental support dengan penyesuaian akademik mahasiswa tahun pertama UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arumdhari, Auliya Ulinuha (2022) Hubungan antara self leadership dan parental support dengan penyesuaian akademik mahasiswa tahun pertama UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliya Ulinuha Arumdhari_J91218081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyesuaian akademik merupakan proses adabtasi seorang mahasiswa terhdap budaya dilingkungan akademik yang baru. Para mahasiswa tahun pertama pasti akan sangat mengalami proses penyesuaian akademik, karena dimana pembelajaran pada sekolah menengah atas snagat lah berbeda dengan pert=guruan tinggi. Oleh karena itu untuk mencapai penyesuaian akademik yang baik terdapat faktor yang mempengaruhinya antara lain self leadership, dan parental support. Penelitian ini memiliki tujua untuk mengetahui hubungan self leadership dan parental support dengan penyesuaian akademik mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan proses penyebaran data menggunakan google form. Peneltiaian ini dilakukan di UIN Sunan Ampek Surabaya. Subjek penelitian berjumlah 359 mahasiswa dengan populasi sebesar 4.672 ditentukan dengan menggunakan Teknik sampling random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara self leadership dengan penyesuaian akademik ( p =<0.001 t= 24.302 ). Lalu pada parental support dengan penyesuaian akademik memiliki hubungan yang signifikan positif ( p=<0,001 t = 9.080). Secara bersama – sama variable slef leadership dan parental support memiliki hubungan yang sgnifikan ( p = <0.001 F= 503.000). Terakhir variabel penyesuaian akademik dipengaruhi/dijelaskan oleh variabel self leadership, dan parental support sebesar 73,9% serta sisanya sebesar 26,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.