Strategi pemerintah kota dalam pelaksanaan sertifikasi halal di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Novy Yulia Sekar (2022) Strategi pemerintah kota dalam pelaksanaan sertifikasi halal di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novy Yulia Sekar Putri_02040320043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Strategi Pemerintah Kota Dalam Pelaksanaan Sertifikasi Halal di Kota Surabaya Studi Kasus : Produk Makanan dan Minuman di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Surabaya” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah; pertama, bagaimana strategi Pemerintah Kota dalam pelaksanaan sertifikasi halal di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kota Surabaya; kedua, bagaimana kebijakan Pemerintah Kota dalam pelaksanaan sertifikasi halal di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kota Surabaya; ketiga, bagaimana implementasi kebijakan Pemerintah Kota dalam pelaksanaan sertifikasi halal di Sentra Wisata kuliner (SWK) Kota Surabaya; keempat, bagaimana implikasi kebijakan Pemerintah Kota dalam pelaksanaan sertifikasi halal di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kota Surabaya. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kebijakan. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kemudian, menguji validasi data menggunakan trianggulasi sumber, yaitu mengkomparasikan hasil wawancara dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya melalui tiga tahap, yaitu penyederhanaan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: pertama, strategi sertifikasi halal yang ada di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kota Surabaya masih belum maksimal karena kurangnya edukasi dan sosialisasi dari Pemerintah Kota Surabaya Bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya; kedua, peneliti melihat kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya dalam hal pelaksaan sertifikasi halal; ketiga, lalu peneliti mengimplementasikan kebijakan atau penerapan pelaksanaan sertifikasi halal di Kota Surabaya; keempat, menjelaskan hasil implikasi kebijakan pelaksaan sertifikasi halal di Kota Surabaya. Dari hasil penelitian diatas, peneliti memberikan saran kepada pihak Pemerintah Kota Surabaya untuk segera memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pelaku Sentra Wisata Kuliner (SWK) se-Surabaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk makanan dan minuman yang mereka konsumsi serta membuat kebijakan mengenai sertifikasi halal dan juga anggaran yang nantinya akan diberikan kepada pelaku usaha untuk kepengurusan sertifikasi halal. Semua harus tertuang dan tertulis didalam rencana strategis tahunan baik Pemerintah Kota Surabaya maupun Dinas-Dinas yang terkait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Novy Yulia Sekarnovyyuliasekarp@gmail.com02040320043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Thesis advisorFauzia, Ika YuniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sertifikasi halal; Sentra Wisata Kuliner (SWK)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Novy yulia Sekar
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:34
Last Modified: 21 Oct 2022 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57436

Actions (login required)

View Item View Item