Konsep Khalifah dalam Alquran dan implikasinya terhadap persoalan lingkungan hidup

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibad, Irsyadul (2022) Konsep Khalifah dalam Alquran dan implikasinya terhadap persoalan lingkungan hidup. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irsyadul Ibad_E73218041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kegelisahan penulis dalam melihat masa depan alam semesta. Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan hari ini begitu luas sehingga bukan cuma menyebabkan kemerosotan ekologi di tingkat lokal dan regional, tapi juga memengaruhi lingkungan pada skala planet, mengancam keberadaan sebagian besar spesies di dunia ini, termasuk spesies kita sendiri. Fenomana tersebut menjadi satu perhatian khusus yang membutuhkan solusi pemecahan secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep khalifah dalam Alqur’an serta implikasinya terhadap persoalan lingkungan. Karena sudah menjadi tugas manusia sebagai khalifah seharusnya adalah untuk menjaga dan bertanggungjawab atas dirinya, sesama manusia dan alam yang menjadi sumber penghidupan. Adapun pokok persoalan yang dikaji pada penelitian ini ada dua. Pertama, bagaimana konsep khalifah dalam Alqur’an. Kedua, bagaimana implikasi konsep Khalifah dalam Alquran terhadap persoalan lingkungan saat ini. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, yang kemudian termasuk penelitian kepustakaan (library research) jika dilihat dari operasional pengumpulan datanya. Data primer dan sekunder dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini, Manusia sebagai khalifah atau penguasa tertinggi di muka bumi mempunyai kekuasaan atas makhluk hidup lain. Manusia mempunyai posisi istimewa di alam semesta ini, ia menempati puncak rantai makanan dan puncak piramida kehidupan. justru karena manusia adalah aristokrat biologis, ia harus melayani semua yang ada di bawah kekuasaannya secara baik dan sekaligus mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga dan melindunginya. Manusia bukan saja hidup dalam interaksi dan bergantung satu sama lain dengan sesamanya manusia. Tetapi juga bergantung pada lingkungan atau alam semesta. Dalam pemahaman dan penghayatan khalifah secara ekologis ini, pola relasi antara manusia dengan alam adalah pola relasi saling rnerawat, penuh kasih sayang, saling mengisi, saling mendukung, saling menunjang kehidupan dan memungkinkan setiap kehidupan untuk tumbuh berkembang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibad, Irsyadulsyadulibad12@gmail.comE73218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Lingkungan Hidup
Al Qur'an
Keywords: Khalifah; Makhluk Ekologis; Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Irsyad Ibad
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:32
Last Modified: 21 Oct 2022 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57449

Actions (login required)

View Item View Item