Upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Tematik di masa pandemi Covid 19 Kelas V MI Al Ikhlas Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilmi, Ahmad Abdullah (2011) Upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Tematik di masa pandemi Covid 19 Kelas V MI Al Ikhlas Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Abdullah Hilmi_D97217081 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas IV MI AL-IKHLAS Brebes belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada materi penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan metode bermain dan pemberian contoh. Dalam pembelajaran metode bermain dan contoh siswa aktif sendiri apa yang dipelajarinya melalui permainan dan kerja kelompok sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi penjumlahan bilangan bulat. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV MI Al-Iklas Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 55 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing);dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 15 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 48 siswa yang termasuk kategori tinggi. Data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 6 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 37 siswa, dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 8 dengan pencapaian siswa yang tuntas 53 siswa dari 55siswa. Berdasarkanhasil penelitian yangdicapaitersebut makadapatdisimpulkanbahwa penerapan metode bermain dan pemberian contoh dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran dengan metode bermain dan pemberian contoh dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilmi, Ahmad Abdullahahmadabdullahhilmi4@gmail.comD97217081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. BahriUNSPECIFIED197307222005011005
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIED197309102007011017
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Upaya; peningkatan; keaktifan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Abdullah Hilmi
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:29
Last Modified: 06 Dec 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57459

Actions (login required)

View Item View Item