Pengembangan strategi pembelajaran di lembaga pendidikan islam berprestasi: studi multi kasus pada MA unggulan PP. Amanatul Ummah Mojokerto, MAN 3 Malang, dan SMA Al-Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakariyah, Zakariyah (2013) Pengembangan strategi pembelajaran di lembaga pendidikan islam berprestasi: studi multi kasus pada MA unggulan PP. Amanatul Ummah Mojokerto, MAN 3 Malang, dan SMA Al-Hikmah Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakariyah_F0150633.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari sebuah latar belakang bahwa pendidikan Islam kualitasnya masih belum maksimal lebih-lebih pendidikan Islam sejenis madrasah. Dari tahun ke tahun hasil ujian nasional menunjukkan peningkatan tapi masih di bawah sekolah. Keteraksesan para lulusan madrasah aliyah ke perguruan tinggi juga tergolong rendah jika dibandingkan dengan para lulusan SMA atau SMK. Secara umum kualitas madrasah menduduki peringkat nomor dua padahal umat Islam adalah mayoritas tapi kualitas pendidikannya masih tergolong minoritas. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kasus individu (individual case) dan analisis data lintas kasus (cross case analisys). Untuk uji keabsahan menggunakan trianggulasi metode, sumber, dan teori.Rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah: 1) Bagaimana ciri khas pendidikan di Madrasah Aliyah Unggulan PP. Amanatul Ummah Mojokerto, MAN 3 Malang, dan SMA Al-Hikmah Surabaya, 2) Bagaimana pengembangan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah Unggulan PP. Amanatul Ummah Mojokerto, MAN 3 Malang, dan SMA Al-Hikmah Surabaya, dan 3) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pengembangan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah Unggulan PP. Amanatul Ummah Mojokerto , MAN 3 Malang, dan SMA Al-Hikmah Surabaya. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, pertama bahwa ciri khas madrasah berprestasi adalah: 1) lokasi belajar yang strategis 2) pemimpin yang handal 3) pendidik yang berkualitas 4) peserta didik yang baik 4) layanan pembelajaran yang bervariatif 5) sarana dan prasaran yang memadahi 6) memiliki visi dan misi yang sangat baik 7) memiliki prestasi yang tinggi dan berbudi serta keterkasesan para lulusannya ke perguruan tinggi, 8) dikenal sebagai sekolah faforit 9) memiliki program layanan belajar yang variatif. Kedua, pengembangan strategi pembelajaran pada lembaga pendidikan Islam berprestasi adalah:1) strategi program belajar yang bervariasi, 2) menggunakan sistem matrikulasi, 3) pengorganisaian materi belajar yang efektif, 4) penyiapan ujian nasional secara intensif, 5) pendekatan pembelajaran kolaboratif, 6) sistem evaluasi yang kompetetif, 7) layanan pembelajaran berkelanjutan, 8) pengontrolan kualitas melalui uji kendali mutu, 9) iklim pembelajaran yang kondusif, dan 10) menyelenggarakan layanan khusus. Ketiga, beberapa faktor yang mendukung yaitu: 1) figur pemimpin yang piawai dan kreatif, 2) keinginan kuat menciptakan budaya mutu, 3) sumber daya manusia yang berkualitas, 4) iklim belajar yang kompetetif, 5) lingkungan belajar yang kondusif, 6) peserta didik yang baik, 7) loyalitas dan etos kerja tinggi, 8) pengontrolan system yang bertanggungjawab, 9) dukungan dalam negeri, 10) kerja sama luar negeri, 11) masyarakat, 12) sarana prasarana, dan 13) biaya pendidikan yang memadahi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakariyah, Zakariyahriyah.zaka@gmail.comF0150633
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwan--2020305
Thesis advisorBawani, Imam--9990384124
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: strategi pembelajaran; pendidikan islam; dan prestasi
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Zakariyah Zakariyah
Date Deposited: 26 Oct 2022 05:41
Last Modified: 26 Oct 2022 05:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57468

Actions (login required)

View Item View Item