Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berbasis inkuiri terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millenia, Arrindy Mutiara (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berbasis inkuiri terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arrindy Mutiara Millenia_D94218046 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbasis inkuiri sehingga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran matematika, mendeskripsikan komunikasi matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri. Dikarenakan pada implementasi pembelajaran, masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan permasalahan yang diberikan dalam bentuk visual, seperti mengubah masalah kontekstual menjadi model matematika. Siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami gagasan matematis dari masalah yang diberikan secara tertulis, serta mengungkapkan strategi dalam menyelesaikan masalah dan menyelesaikan masalah dari strategi yang dibuat. Alasan mengapa hal ini terjadi adalah dalam proses pembelajaran matematika, guru mengabaikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dengan rancangan pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir) one group pre-test post-test design adalah rancangan suatu penelitian dengan memberikan tes awal dan tes akhir kepada subjek penelitian yang dilakukakan. Desain penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, diantaranya: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis. Penelitian ini diterapkan kepada siswa kelas IX di SMP Negeri 22 Surabaya yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Teknik pengamatan dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa, dan teknik tes dilakukan untuk mengetahui komunikasi matematis siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan setelah pembelajaran TAI berbasis inkuiri. Data tes kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri pada keterlaksanaan RPP sebesar 3,23 dan persentase aktivitas siswa aktif sebesar 98,22%. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri pada pembelajaran matematika termasuk kedalam kategori sangat baik.(2) Komunikasi matematis siswa pada sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri mengalami peningkatan sebesar 30,67. (3) Terdapat perbedaan namun tidak signifikan pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis inkuiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millenia, Arrindy Mutiaramilleniaarrindy@gmail.comD94218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
UNSPECIFIEDLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran kooperatif; model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI); inkuiri; komunikasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: arrindy mi arrindy mutiara
Date Deposited: 24 Oct 2022 05:00
Last Modified: 24 Oct 2022 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57478

Actions (login required)

View Item View Item