Membangun alat ukur digital intelligent untuk mengetahui kesiapan manusia di era 4.0

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Verronica S, Widya (2022) Membangun alat ukur digital intelligent untuk mengetahui kesiapan manusia di era 4.0. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Verronica S_H76216078.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sejak bertahun lalu, hasil tes IQ menjadi patokan untuk mengukur kecerdasan sesorang. IQ (Intelligent Quotient) sering diartikan sebagai kemampuan kognitif, bakat, intelektual, kemampuan berpikir, dan kemampuan menggunakan logika secara umum. Namun seiring perkembangan jaman, penelitian mengatakan bahwa EQ (Emotional Quotient) atau juga disebut dengan Emotional Intelligence lebih berpengaruh pada etos kerja dan kemampuan seseorang berbaur dengan tim. Sehingga istilah ini menjadi sangat populer dalam dunia kerja. Baik IQ maupun EQ memililki tool/alat ukurnya masing - masing. Sehingga seseorang dapat dikategorikan ke dalam rentang kurang, rata - rata, atau superior. Menurut Digital Institute, DQ memiliki 8 variabel inti yaitu; Digital Identity, Digital Use, Digital Safety, Digital Security, Digital Emotional Intelligence, Digital Communication, Digital Literacy, dan Digital Right. Jika dahulu dunia digital hanya milik mereka yang berkecimpung di dunia teknologi dan informasi (segmented) maka saat ini tidak lagi. Semua orang mesti cerdas digital, karena jika tidak cerdas memahami situasi, bisa jadi diri mereka sendiri yang terugikan, misalkan terkait dengan keamanan data pribadi atau bahkan pencurian uang di rekening bank. Untuk itu perlu untuk membuat alat ukur guna mengetahui tingkat kecerdasan digital sebuah individu. Dalam penelitian ini alat ukur tersebut diberi nama DQ tool. Yang diharapkan DQ tool mampu menggambarkan skor DQ yang seseorang saat tes dilakukan. Dari hasil pengujian terhadap 72 indikator dalam DQ tool, semua indikator dinyatakan valid. Namun ketika dilakukan uji reliabilitas, ada 6 area yang masih belum reliabel dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Verronica S, Widyaverronicawidya@gmail.comH76216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosaz, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id197906092014031002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Metode
Keywords: Alat ukur digital intelligent; manusia era 4.0
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Widya Verronica S
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:19
Last Modified: 18 Jul 2023 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57487

Actions (login required)

View Item View Item