Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif berbasis strategi react untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Laili Maghfiroh (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif berbasis strategi react untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Maghfiroh Hadi_D04218006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis penting untuk ditingkatkan pada proses pembelajaran matematika. kemampuan koneksi matematis peserta didik tergolong masih rendah, dikarenakan peserta didik tidak terbiasa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menalar, menggeneralisasi, membuat koneksi dan menghubungkan dengan konsep lain. Maka dari itu perlu inovasi dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan strategi REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model kooperatif berbasis strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada teori Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu: 1) fase investigasi awal, 2) fase desain, dan 3) fase tes, evaluasi, dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah RPP dan LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik catatan lapangan (field note) untuk mendapatkan data proses pengembangan perangkat pembelajaran dan teknik validasi yang digunakan untuk mendapatkan data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pada fase investigasi awal diperoleh data mengenai proses pembelajaran di SMP Al-Berr menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah, karakteristik peserta didik ketika proses pembelajaran, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, dan salah satu materi yang akan diajarkan di SMP Alberr pada semester gasal adalah operasi bentuk aljabar, 2) Pada fase desain dihasilkan RPP dan LKPD dengan model kooperatif berbasis strategi REACT, dan 3) Pada fase tes, evaluasi, dan revisi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata total validitas RPP sebesar 3,71 dan nilai rata-rata total validitas LKPD sebesar 3,80. Sedangkan RPP dan LKPD yang dikembangkan dinyatakan “praktis” dengan kriteria A dan B dengan keterangan dapat digunakan tanpa revisi dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Laili Maghfirohmagfiroh.ilahi3133@gmail.comD04218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Keywords: Pengembangan; Model Kooperatif; Strategi REACT; Koneksi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Laili Maghfiroh Hadi
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:31
Last Modified: 25 Oct 2022 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57490

Actions (login required)

View Item View Item