Reformulasi sistem pendidikan pesantren dalam menghadapi era milenial 4.0 (studi kasus MBI Amanatul Ummah Pacet)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Isnaini Firda (2022) Reformulasi sistem pendidikan pesantren dalam menghadapi era milenial 4.0 (studi kasus MBI Amanatul Ummah Pacet). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Firda_D91216102.pdf

Download (2MB)

Abstract

Problematika yang dihadapi pondok pesantren saat ini menurut pengamat para ahli semakin lama semakin kompleks dan mendesak. Hal ini disebabkan oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Teknologi. Ditengah derap Kemajuan Ilmu dan Teknologi yang menjadi penggerak untuk pesantren dalam melakukan reformulasi. munculnya era milenial 4.0 menjadikan keberadaan sistem pendidikan di pondok pesantren dirasa perlu untuk direformulasikan agar para santri maupun alumni pondok pesantren dapat bersaing di kancah global. Untuk menghadapi era milenial 4.0 ini tidak lantas menjadikan pesantren kehilangan orientasinya. Tetapi pesantren, terutama yang modern melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan mengikuti arus informasi dan teknologi yang sangat berpengaruh dalam era milenial saat ini. Potrait pondok pesantren yang melakukan reformulasi dalam sistem pendidikan nya adalah Madrasah Bertaraf Internasional(MBI) Amanatul Ummah Pacet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, berdasarkan tempat pelaksanaan, penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus (study case) dengan menggunakan pendektan deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan metode analisis interaktif 3 langkah yakni kondensasi data, display data dan verifikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sistem pendidikan di MBI Amanatul ummah Pacet dan bagaimana Reformulasi yang dilakukan dalam sistem pendidikannya untuk menghadapi era milenial 4.0.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Isnaini FirdaFirdaahanif@gmail.comD91216102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, AliUNSPECIFIED19631231993031002
Thesis advisorFahmi, MuhammadUNSPECIFIED19778062014111001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Reformulasi; era milenial 4.0; sistem pendidikan pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isnaini Firda Hanifah
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:02
Last Modified: 27 Oct 2022 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57514

Actions (login required)

View Item View Item