Pengorganisasian masyarakat melalui penerapan sistem pertanian lahan kering dalam meningkatkan ketahanan pangan di Desa Balungtawun Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyani, Syakilla Asfin (2022) Pengorganisasian masyarakat melalui penerapan sistem pertanian lahan kering dalam meningkatkan ketahanan pangan di Desa Balungtawun Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syakilla Asfin Shofiyani_B02218026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menguraikan persoalan akan tingginya ketergantungan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan serta upaya pemecahannya di masyarakat Desa Balungtawun Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Problem masyarakat muncul disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan, tidak adanya kelompok dalam pengolahan lahan untuk pemenuhan pangan, serta belum maksimalnya program pertanian lahan kering dalam meningkatkan ketahanan pangan. Selain itu tujuan dari proses kegiatan pengorganisasian masyarakat ini guna membangun kemandirian masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pangan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan riset aksi atau metode PAR (Participatory Action Research). Tahapan yang dilakukan bersama masyarakat di mulai dari Focus Group Discussion (FGD), pemetaan, survei angket belanja rumah tangga, aksi pengorganisasian, merancang strategi, membangun kesadaran masyarakat, melancarkan aksi perubahan, monitoring kegiatan hingga evaluasi bersama masyarakat. Pengorganisaisian dilakukan secara partisipatif oleh peneliti dan masyarakat dimulai dengan pendidikan tentang sistem pertanian lahan kering berbasis pekarangan untuk kemandirian pangan, dilanjutkan dengan mendorong pembentukan kelompok dan fasilitasi pengelolaan lahan untuk kebutuhan pangan, serta advokasi yang berupa inisiasi usulan kebijakan pada pemerintah lokal guna mendukung kemandirian pangan rumah tangga melalui sistem pertanian lahan kering berbasis pekarangan. Perubahan yang dihasilkan dari proses pengorganisasian adalah perubahan pola pikir dan terbangunnya penguatan ketahanan pangan rumah tangga melalui penerapan sistem pertanian lahan kering dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat di Dusun Sangeng Desa Balungtawun secara mandiri. Sekaligus sebagai implementasi ajaran islam untuk membangun umat yang mandiri. Sehingga terkelolanya lahan-lahan kering yang tidak termanfaatkan dapat menjadi ladang lumbung pangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyani, Syakilla Asfinsyakillashofiyani@gmail.comB02218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Pengorganisasian; pertanian lahan kering; ketahanan pangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syakilla Asfin Shofiyani
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:09
Last Modified: 25 Oct 2022 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57524

Actions (login required)

View Item View Item