Bina wicara dengan teknik modeling untuk meningkatkan komunikasi anak tunarungu di Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Ruqoyyatus (2022) Bina wicara dengan teknik modeling untuk meningkatkan komunikasi anak tunarungu di Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruqoyyatus Sholihah_B03218037 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pendampingan dan hasil dari pendampingan bina wicara dengan teknik modeling untuk meningkatkan komunikasi anak tunarungu. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengkaji secara intensif fenomena yang terjadi di DesaRebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pauruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bina wicara dan teknik modeling untuk meningkatkan komunikasi pada anak tunarungu di Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuran menggunakan lima tahapan proses, (1) Identifikasi masalah konseli yang didapatkan data dari konseli, ibu, sapupu dan teman konseli, (2) Diagnosis yang menunjukkan bahwa konseli kesulitan melafalkan beberpa huruf vokal, (3) Prognosis, dimana peneliti memutuskan memberikan bina wicara dengan teknik meodeling, (4) Treatment melalui tiga tahap, yaitu penyadaran konseli, pelatihan wicara konseli, dan pelatihan menyusun kata,dalam setiap dari ketiga tahap tersebut peneliti memberikan penguatan melalui teknik modeling, (5) Follow up atau tindak lanjut, menunjukkan konseli sudah mengalami peningkatan signifikan. Maka dari itu, hasil pendampingan bina wicara dengan teknik modeling adalah cukup sukses dan berhasil dilakukan, karena konseli terlihat mengalami perkembangan yang positif meskipun secara bertahap dan tidak langsung semuanya. Kata Kunci: Bina Wicara, Teknik Modeling, Komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Ruqoyyatusb03218037@uinsby.ac.idB03218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah NoerUNSPECIFIED2011126001
Subjects: Bimbingan
Komunikasi
Keywords: Bina wicara; teknik modeling; komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ruqoyyatus Sholihah
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:21
Last Modified: 08 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57529

Actions (login required)

View Item View Item