Hubungan motivasi belajar siswa dan kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aghniya, Dzunur Aini (2022) Hubungan motivasi belajar siswa dan kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dzunur Aini Aghniya_D97218082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena motivasi belajar dan juga kreativitas guru yang kurang pada saat proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga kurang, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar, dan kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Lamongan. 2) untuk mengetahui hubungan signifikan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Lamongan. 3) Untuk mengetahui hubungan signifikan motivasi belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Lamongan secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi, Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV MIN 1 Lamongan yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada hasil uji hipotesis diperoleh nilai rhitung (0,687) > rtabel (0,266). Sehingga dapat disimpulkan jika H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. 2) Kreativitas guru memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada hasil uji hipotesis diperoleh nilai rhitung (0,685) > rtabel (0,266). Sehingga dapat disimpulkan jika H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat hubungan antara kreativitas guru dengan hasil belajar. 3) Secara bersamaan motivasi belajar dan kreativitas guru mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada hasil uji F nilai Fhitung sebesar 38,779 dan Ftabel 3,122, sehingga Fhitung(38,779) > Ftabel (3,122) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,050. Dan berdasarkan hasil determinasi Adjusted R Square bernilai 0,502 Hal ini menunjukkan jika kontribusi varian yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan kreativitas guru sebesar 50,2% sedangkan sisanya 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar pembatasan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aghniya, Dzunur AiniAini.aghniya@gmail.comD97218082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabuddin, Sihabuddinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Peran Guru
Keywords: Motivasi belajar siswa; kreativitas guru; hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DZUNUR AINI AGHNIYA
Date Deposited: 26 Oct 2022 14:05
Last Modified: 26 Oct 2022 14:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57532

Actions (login required)

View Item View Item