Respon peserta didik berdasarkan Taksonomi Solo dalam menyelesaikan masalah matematika yang disusun sesuai dengan Taksonomi Bloom revisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Fitriyatul (2022) Respon peserta didik berdasarkan Taksonomi Solo dalam menyelesaikan masalah matematika yang disusun sesuai dengan Taksonomi Bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriyatul Azizah_D94218053.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengetahuan tentang respon peserta didik sangat penting diketahui dalam upaya pengembangan proses berpikir peserta didik dalam pembelajaran matematika. Untuk mengukur kualitas respon peserta didik dapat digunakan taksonomi SOLO. Respon peserta didik dalam menyelesaikan masalah dapat diketahui dengan memberikan tes. Tes tersebut dapat dirumuskan menggunakan taksonomi Bloom revisi sesuai penerapan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan level respon peserta didik berdasarkan taksonomi SOLO dalam menyelesaikan masalah matematika ‘memahami’, ‘menerapkan’, dan ‘menganalisis’ dengan jenis pengetahuan prosedural yang disusun sesuai taksonomi Bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Kota Surabaya. Subjek penelitian ini adalah lima peserta didik kelas IX-B, yang mewakili variasi jawaban pada setiap level taksonomi SOLO. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara berbasis tugas. Data dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yang selanjutnya data respon peserta didik diklasifikasikan pada level berdasarkan taksonomi SOLO. Hasil dari penelitian ini mengklasifikasikan level respon peserta didik sebagai berikut: (1) Respon peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika tingkat ‘memahami’ dengan jenis pengetahuan prosedural, yakni subjek yang termasuk ke dalam level prastruktural, unistruktural dan multistruktural masing-masing satu subjek, sedangkan dua subjek termasuk ke dalam level relasional (2) Respon peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika tingkat ‘menerapkan’ dengan jenis pengetahuan prosedural, yakni dua subjek termasuk ke dalam level prastruktural, satu subjek termasuk ke dalam level relasional dan dua subjek termasuk ke dalam level extended abstract (3) Respon peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika tingkat ‘menganalisis’ dengan jenis pengetahuan prosedural, yakni dua subjek termasuk ke dalam level prastruktural, subjek termasuk ke dalam level unistruktural dan multistruktural masing-masing satu subjek, dan satu subjek termasuk ke dalam level extended abstract. Beberapa subjek mengalami penurunan level respon pada taksonomi SOLO seiring kenaikan tingkat kognitif masalah matematika yang disusun sesuai taksonomi Bloom revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Fitriyatulfitriyatulazizah53@gmail.comD94218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Pendidikan
Keywords: Respon Peserta didik; Taksonomi SOLO; masalah matematika; Taksonomi Bloom revisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitriyatul Azizah
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:50
Last Modified: 25 Oct 2022 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57534

Actions (login required)

View Item View Item