Pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui bank sampah di Desa Kalipecabean Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayu, Putri Ghifarah Sekar (2022) Pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui bank sampah di Desa Kalipecabean Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ghifarah S. A_B72218082.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pemberdayaan perekonomian warga RT. 10 melalui pengelolaan Bank Sampah. Sampah yang dikelola ini merupakan sampah anorganik yang mana tak bisa terurai oleh alam, contohnya seperti: plastik, kaca, besi, kaleng, dan aluminium. Dalam keseharian warga RT. 10, setiap satu orang warganya rata-rata bisa menghasilkan sampah seberat 0,6 kilogram. Penelitian ini memakai metode ABCD yang berfokus pada asset dan potensi yang dimiliki oleh warga RT. 10. Dalam metode ABCD, terdapat Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Dalam pelaksanaannya, peneliti menemukan beberapa asset dan potensi pada warga RT. 10, yakni berupa asset sampah serta potensi sumber daya manusia dan juga potensi sosial masyarakatnya, yang mana dengan adanya asset dan potensi inilah mengantarkan mereka pada kesuksesan meraih salah satu impian mereka, yakni pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui pengelolaan bank sampah. Hasil yang didapatkan dari sesudah adanya pelaksanaan proses kegiatan pengelolaan sampah yang dilakukan ialah pemahaman yang lebih baik terhadap asset dan potensi yang terdapat di sekitar lingkungan mereka, yang mana ini merupakan implementasi dari Dakwah Bil Hal sebagai pendorong umat Islam untuk melakukan amal sholeh dengan cara membangun kreativitas serta inovasi dalam pembangunan ekonomi, maka Allah akan menganugerahkan kehidupan yang lebih baik dan lebih layak untuk mereka yang sudah mengusahakannya serta balasan kesejahteran dan kemakmuran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayu, Putri Ghifarah Sekarz.ykamilghifarih@gmail.comB72218082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Daur Ulang
Ekonomi Islam
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; asset based community development; bank sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Ghifarah Sekar Ayu Putri Ghifarah Sekar Ayu
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:26
Last Modified: 21 Nov 2022 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57539

Actions (login required)

View Item View Item