Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis PjBL-STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Azizah Eka (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis PjBL-STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Eka Putri_D04218001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model PjBL adalah salah satu model pembelajaran yang mengorganisasi kelas kedalam sebuah proyek dimana proses pembelajarannya menekankan pada pembelajaran kontekstual melalui kegiatan yang kompleks. Secara tidak langsung, model PjBL dapat melatih peserta didik untuk bertindak dan berpikir kreatif. STEM merupakan pendekatan interdisipliner yang menggabungkan antara Science, Technology, Engineering, and Mathematics dimana konsep akademik dihubungkan dengan permasalahan yang ada pada dunia nyata. PjBL-STEM adalah suatu model pembelajaran dimana peserta didik diberikan suatu proyek untuk menyelesaikan permasalahan yang dilandasi aspek-aspek STEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. LKPD berbasis PjBL-STEM ini dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahap, yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. LKPD berbasis PjBL-STEM yang dikembangkan menggunakan materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang dimaksud, yaitu data kevalidan, data kepraktisan, dan data keefektifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah field note (catatan lapangan), lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penilaian kevalidan LKPD berbasis PjBL-STEM dinilai oleh tiga validator dengan kriteria yaitu “sangat valid” dengan rata-rata total validitas sebesar 4,3. Hasil penilaian kepraktisan LKPD berbasis PjBL-STEM telah dinilai “praktis” secara teori serta “praktis” secara praktik berdasarkan respon positif peserta didik dengan presentase 81%. Hasil penilaian keefektifan melalui pretest dan posttest sebanyak 10 subjek memperoleh rata-rata total 0,6 dengan kriteria “sedang” sehingga dapat dikatakan LKPD berbasis PjBL-STEM ini “efektif”. Jadi, disimpulkan LKPD berbasis PjBL-STEM baik digunakan pada saat pembelajaran terutama di kelas IX pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Azizah Ekaazizahekaputri30@gmail.comD04218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Pengembangan LKPD; PjBL-STEM; Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Azizah Eka Putri
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:24
Last Modified: 28 Oct 2022 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57540

Actions (login required)

View Item View Item