Pengaruh penerapan teori belajar sibernetik terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi PAI di SMPN 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahsari, Henik Nur (2022) Pengaruh penerapan teori belajar sibernetik terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi PAI di SMPN 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Henik Nur Indahsari_D01218023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk untuk mendapatkan informasi atau data terkait: 1) Penerapan teori belajar Sibernetik pada mata pelajaran PAI di SMPN 22 Surabaya. 2) Pemahaman siswa pada materi PAI di SMPN 22 Surabaya. 3) Pengaruh penerapan teori belajar Sibernetik terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi PAI di SMPN 22 Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu yang termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling atau pengambilan smapel secara acak tanpa mempertimbangkan strata dalam populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas data dan paired sample t-test (uji-t) dibantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini dinyatakan bahwa: 1) Penerapan teori belajar sibernetik di SMPN 22 Surabaya yang diukur melalui pemberian soal berupa angket tentang penerapan teori belajar sibernetik kepada siswa didapatkan hasil akhir yaitu 87,42%, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teori belajar sibernetik terhadap pemahaman siswa termasuk dalam kategori yang sangat baik berdasarkan kategori prosentase yang ada. 2) Pemahaman siswa pada materi PAI pada kelas eksperimen sebelum penerapan teori belajar sibernetik bisa dilihat berdasarkan data nilai pre-test dan post-test. Untuk nilai pre-test pemahaman siswa pada materi PAI kelas VIII-C di SMPN 22 Surabaya yaitu nilai rata-rata (mean) 38,52, nilai paling rendah (minimum) 22 dan nilai paling tinggi (maximum) 60. Sedangkan data nilai post-test pemahaman siswa pada materi PAI kelas VIII-C di SMPN 22 Surabaya yaitu nilai rata-rata (mean) 87,45, nilai paling rendah (minimum) 70 dan nilai paling tinggi (maximum) 100. 3) Terdapat pengaruh penerapan teori belajar sibernetik terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi PAI. Hal ini terlihat pada hasil analisis uji-t dengan nilai p-value atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji-T bahwa jika nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dna Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan teori belajar sibernetik terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi PAI di SMPN 22 Surabaya.
Kata kunci: Teori Belajar Sibernetik, Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahsari, Henik Nurheniknurindahsari@gmail.comD01218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED195304101988031001
Thesis advisorMuallifah, Ilun MuallifahUNSPECIFIED196707061994032001
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Teori Belajar Sibernetik; Pemahaman Siswa; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Henik Nur Indahsari
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:43
Last Modified: 26 Oct 2022 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57553

Actions (login required)

View Item View Item