Anjuran menahnik bayi dengan kurma (Studi Ma’ani al-Hadith Sunan al-Tirmidhi No. Indeks 3826)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basri, Hasan (2021) Anjuran menahnik bayi dengan kurma (Studi Ma’ani al-Hadith Sunan al-Tirmidhi No. Indeks 3826). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasan Basri_E05216009.pdf

Download (3MB)

Abstract

PPenelitian ini merupakan karya ilmiah yang membahas tentang banyak hal dianatranya adalah Anjuran menahnik bayi dengan kurma, dimana masyarakat banyak yang kurang mengenal dan memamahami adannya kesunahan ketika menahnik bayi yang baru lahir dengan buah kurma, dikarenakan hadis tersebut belum bisa dibuktikan seacra kasat mata, sehingga hadis ini direlevansikan dengan kajian ilmu kesehatan dan sains modern, dikarenakan banyak sekali keutamaan dan manfaat buah kurma bagi kesehatan manusia terutama bayi yang baru lahir sangatlah membutuhkan gula gulkas di karenakan bayi yang baru lahir sangat rendah gula dalam tubuh bayi tersebut, dimana penting memberi pemahaman akan kegunaan menahnik bayi dengan kurma sehingga perlunya penelitian ini dilakukan, gunu mengetahui seberpa jauh pentingnya menahnik bayi yang baru lahir dengan buah kurma. Dalam penelitian ini, penulis mengemukakan 3 permasalahan, (1) kualitas hadis dan kehujjahan tentang Tahnik, (2) pemkanaan hadis tentang Tahnik, (3) Bagaimana Implikasi hadis tentang tahnik. Untuk menjawab beberapa permasalahan ini digunakan metode penelitian yang bersifat menggambarkan dan menguraikan yang menurut adanya atau karangan yang melukiskan sesuatu serta menggunakn jenis penelitian yang bersifat library research (penelitian kepustakaan), yaitu megmbil semua jenis data yang berkaitan dengan pembahasan baik berupa buku, jurnal, tesis, dan bahan-bahan tulisan lainnya. Kemudian kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis dari jalur sanad hadis yang di riwayatkan oleh Imam al-Tirmidi dari segi sanad adalah hasan gharib menurut pendapat al-Tirmidhi akan tetapi dari segi matan adalah sahih, terlebih banyak pula jalur sanad yang derajatnya lebih sahih sehingga derajat hadis yang di riwayatkan oleh al-Tirmidhi tersebut yang awalnya hasan Gharib menjadi h}asan li ghoirihi, dan pemaknaan hadis tentang tahnik Tahnik dapat memperkuat otot-ototbagian mulut dengan gerakan lidah sehingga mempermudah bayi ketika menyushi, Tahnik kurma dapat memabantu menambah kadar glukosa yang dibutuhkan oleh bayi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basri, Hasanbasrihasan930@gmail.comE05216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Kesehatan > Anak, Alergi makanan
Kesehatan > Anak, Alergi makanan

Ibadah
Hadis
Keywords: Tahnik; Kualitas hadis Ma’ani al hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Hasan Basri
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:06
Last Modified: 28 Oct 2022 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57565

Actions (login required)

View Item View Item