Keberagamaan masyarakat muslim inklusif di Perum Royal Residence Surabaya: analisis fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marjuwwa, Paramaramya Moktikanana (2022) Keberagamaan masyarakat muslim inklusif di Perum Royal Residence Surabaya: analisis fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Paramaramya Moktikanana Marjuwwa_E71218059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberagaman adalah ciri khas Negara Indonesia sebagai Negara majemuk. Keragaman kultur, ras, bahasa dan agama adalah hal yang banyak dihadapi masyarakat Indonesia terutama di kota metropolitan seperti Surabaya. Interaksi dalam perbedaan tidak selalu berjalan dengan baik, namun Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang tinggi akan nilai toleransi terhadap perbedaan. Salah satunya yaitu di kawasan Perum Royal Residence, Kelurahan Sumur Welut Kecamatan Lakarsantri. Masyarakat di kawasan tersebut hidup beriringan dengan perbedaan agama yang beragam. Seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Umat Islam sebagai penganut agama yang paling banyak tentu lebih berperan dalam mewujudkan harmonisasi hidup bermasyarakat. Pada penelitian ini terfokus pada interaksi antara umat muslim dan umat beragama lain dalam menerapkan nilai-nilai toleransi yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapat data-data di lapangan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan perspektif fenomenologi Edmund Husserl. Hasil temuan dalam penelitian ini dengan ketiga reduksi, yaitu reduksi fenomenologis, eidetic dan transendental adalah masyarakat muslim di Perum Royal Residence betul-betul menerapkan inklusivisme dalam hidup beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marjuwwa, Paramaramya MoktikananaE71218059@uinsby.ac.idE71218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, IsaUNSPECIFIED197306042005011007
Subjects: Toleransi Islam
Keywords: Inklusivisme; Islam; Edmund Husserl
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Paramaramya Moktikanana Marjuwwa
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:31
Last Modified: 27 Oct 2022 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57567

Actions (login required)

View Item View Item