Pandangan keagamaan Muhammadiyah tentang musik perspektif Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafazah, Nailil (2022) Pandangan keagamaan Muhammadiyah tentang musik perspektif Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailil Mafazah_E01218019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Musik merupakan seni yang dibentuk dari ekspresi jiwa setiap manusia yang memainkan maupun menciptakannya. Seni musik bagian dari penciptaan yang dimiliki setiap yang menciptakannya dengan akal dan pikiran yang terkandung dalam diri jiwa tersebut. Dalam pandangan Islam, seni musik tidak dilarang. Hal ini juga tidak menutup adanya pandangan secara keagamaan dari Organisasi Islam yang ada di Indonesia seperti pandangan dari Muhammadiyah termasuk salah satu Organisasi Islam terbesar di Indonesia yang memiliki pandangan tersendiri dalam menilai seni music. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode pendekatan deskriptif yang dikaji dengan teori fenomenologi Edmund Husserl. Seni musik merupakan bentuk ekspresi kejiwaan karena termasuk suatu fenomena dari kesadraan. Dalam organisasi Muhammadiyah, musik sebagai seni dan dijadikan sebagai sarana dakwah. secara religi sebagai perwujudan keseimbangan antara kehidupan dan penciptaan Allah SWT. Oleh sebab itu musik tidak boleh mengandung nilai-nilai kemusyrikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafazah, Naililnailimafazah99@gmail.comE01218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Kesenian
Keywords: Seni musik; Islam; organisasi Islam Muhammadiyah; teori fenomenologi; Edmund Husserl
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nailil Mafazah
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:57
Last Modified: 01 Nov 2022 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57587

Actions (login required)

View Item View Item