Analisis muatan higher order thinking skill (hots) buku IPA kelas VIII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardilla, Farda Zahroh Dinafil (2022) Analisis muatan higher order thinking skill (hots) buku IPA kelas VIII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Nurul Izzah_D0A218005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 mengimplementasikan pembelajaran abad 21 dimana pembelajaran abad ke-21 membekali peserta didik dengan keterampilan 4C. Salah satu dari keterampilan abad 21 yaitu berfikir tingkat tinggi (HOTS). Keterampilan akan berpikir tingkat tinggi tersebut belum seutuhnya dikuasai oleh peserta didik, walaupun sudah digunakan di sekolah. Siswa di MTsN 1 Sidoarjo masih kurang memahami soal-soal HOTS sehingga masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Buku teks IPA yang telah dipelajari atau dimanfaatkan oleh seorang siswa merupakan faktor penting untuk melakukan mengembangkan HOTS, sehingga perlu adanya untuk melakukan analisis muatan HOTS pada buku IPA kelas VIII SMP Semester 2 di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan muatan Higher Order Thingking Skills (HOTS) buku IPA kelas VIII SMP semester 2 di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis HOTS pada buku dalam materi dan soal-soal. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan pembacaan serta pencataan yang cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku IPA kelas VIII SMP semester 2 terbitan kemendikbud terdapat 30 muatan materi yang termasuk HOTS dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 50%, mengevaluasi (C5) 17%, dan mencipta (C6) 33%. Lalu terdapat 18 muatan soal yang termasuk HOTS dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 72% mengevaluasi (C5) 6% dan mencipta (C6) 22%. Untuk persentase HOTS keseluruhan dari lima bab di buku ini adalah sebesar 36%. Sedangkan pada buku IPA kelas VIII SMP semester 2 terbitan oleh CV Graha Pustaka, terdapat 5 muatan materi yang termasuk HOTS dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 60% dan mencipta (C6) 40%. Lalu terdapat 41 muatan soal yang termasuk HOTS dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 60% dan mengevaluasi (C5) 40%. Untuk persentase HOTS keseluruhan lima bab dalam buku ini adalah sebesar 21%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa muatan HOTS pada buku IPA tersebut mendominasi indikator menganalisis (C4) dibandingkan indikator lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardilla, Farda Zahroh Dinafilfardazahrohda@gmail.comD0A218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Pendidikan
Keywords: Higher Order Thingking Skills (HOTS); buku ajar; muatan materi; muatan soal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: FARDA ZAHROH DINAFIL ARDILLA
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:13
Last Modified: 31 Oct 2022 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57592

Actions (login required)

View Item View Item