Efektifitas strategi pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik di SMPN 10 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Firda Nurul (2022) Efektifitas strategi pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik di SMPN 10 Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Nurul Izzah_D0A218005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IX di SMPN 10 Gresik. Hal ini disebabkan karena strategi yang diterapkan adalah strategi konvensional bersifat teacher centered khususnya pada materi rangkaian listrik sehingga menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab rendahnya hasil belajar IPA pada siswa. Waktu pembelajaran yang terbatas dengan materi padat menyebabkan guru kurang maksimal dalam mentransfer pengetahuan kepada siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas strategi flipped classroom dalam pembelajaran IPA terkhusus materi rangkaian listrik pada siswa kelas IX di SMPN 10 Gresik. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efektivitas strategi flipped classroom dalam proses belajar IPA materi rangkaian listrik pada siswa kelas IX di SMPN 10 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < nilai alpha yaitu 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi flipped classroom efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik pada siswa kelas IX di SMPN 10 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Firda Nurulizzahfirda@gmail.comD0A218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi pembelajaran; flipped classroom; hasil belajar
Depositing User: Firda Nurul Izzah
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:16
Last Modified: 31 Oct 2022 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57596

Actions (login required)

View Item View Item