Hubungan ketertarikan interpersonal dan empati dengan perilaku prososial pada dewasa awal di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alicia, Yohana (2022) Hubungan ketertarikan interpersonal dan empati dengan perilaku prososial pada dewasa awal di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yohana Alicia_J71218070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku prososial merupakan perbuatan atau perilaku menolong tanpa pamrih yang dapat menguntungkan orang lain yang diukur berdasarkan berbagi (sharing), menolong (helping), kerjasama (cooperating), bertindak jujur (honesty), dan berderma (donating). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketertarikan interpersonal dan empati dengan perilaku prososial dewasa awal. Subjek penelitian ini merupakan dewasa awal di Surabaya yang berjumlah 349 responden. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis korelasi berganda. Terdapat tiga instrument yang digunakan yaitu skala perilaku prososial, skala ketertarikan interpersonal, dan skala empati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing ketertarikan interpersonal dan empati menunjukkan hubungan positif dengan perilaku prososial. Ketertarikan interpersonal dan empati juga secara bersama-sama menunjukkan hubungan positif dengan perilaku prososial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alicia, Yohanayohanaliciaa@gmail.comJ71218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Masyarakat
Perilaku
Psikologi Sosial
Keywords: Perilaku prososial; ketertarikan interpersonal; empati
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Yohana Alicia
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:17
Last Modified: 01 Nov 2022 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57606

Actions (login required)

View Item View Item