Sejarah perkembangan majelis Maiyah Bangbangwetan sebagai simpul Maiyah di Surabaya : 2006-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Buroq, Sohibul (2022) Sejarah perkembangan majelis Maiyah Bangbangwetan sebagai simpul Maiyah di Surabaya : 2006-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sohibul Buroq_A92217135 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul, “Sejarah Perkembangan Majelis Maiyah Bangbangwetan Sebagai Simpul Maiyah di Surabaya (2006-2022)” ini termasuk kategori field research. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini antara lain, (1) latar belakang terbentuknya Majelis Maiyah Bangbangwetan, (2) nilai-nilai dan kontribusi dalam Majelis Maiyah Bangbangwetan, dan (3) respon masyarakat terhadap keberadaan Majelis Maiyah Bangbangwetan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan sejarah dan sosial. Sumber data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka yang berkaitan dengan maiyah. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang meliputi, (1) teori challenge and response Arnold J. Toynbee, (2) teori spiritualitas individu Andrew Targowski, dan (3) teori organisasi modernBarnard Chester. Kesimpulan yang diperoleh dari keseluruhan hasil penelitian ini antara lain, (1) Sejarah terebentuknya Majelis Maiyah Bangbangwetan adalah karena keinginan dari jamaah maiyah Surabaya untuk memiliki simpul maiyah di kota Surabaya. Majelis Maiyah Bangbangwetan terbentuk pada September 2006 di bawah bimbingan Emha Ainun Nadjib dan Priyo Aljabar. (2) Majelis Maiyah Bangbangwetan memiliki aktivitas rutinan setiap minggu dan setiap bulannya, dan memiliki kontribusi dalam bidang; intelektual, spiritual, sosial, budaya dan ekonomi. Empat nilai yang terdapat dalam Bangbangwetan adalah, nilai tauhid, kemandirian, multikulturalisme, dan persaudaraan. (3) Respon masyarakat terhadap Majelis Maiyah Bangbangwetan terbilang sangat positif dalam meningkatkan intelektualitas dan spiritualitas masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Buroq, Sohibulsohiblutvi34@gmail.comA92217135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Organisasi Mahasiswa
Organisasi Masyarakat
Keywords: Maiyah; Bangbangwetan; Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sohibul Buroq
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:21
Last Modified: 31 Oct 2022 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57609

Actions (login required)

View Item View Item