Larangan ekspor bijih nikel oleh Pemerintah Indonesia setelah meningkatnya tren industri otomotif berbasis listrik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riedho, Muhammad Roehman Zainur (2022) Larangan ekspor bijih nikel oleh Pemerintah Indonesia setelah meningkatnya tren industri otomotif berbasis listrik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Roehman Zainur Riedho_I72218051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kebijakan larangan ekspor bijih nikel oleh Pemerintah Indonesia setelah meningkatnya tren industri otomotif berbasis listrik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai pendekatan dengan jenis penelitian eksplanatif. Angket, focus group discussion (FGD), studi dokumentasi, dan penelusuran berbasis internet menjadi sarana untuk mengumpulkan data-data dalam penelitian ini. Teori kebijakan luar negeri yang digagas oleh Marijke Breuning dijadikan sebagai teori untuk menganalisis kebijakan larangan ekspor bijih nikel Pemerintah Indonesia. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga faktor yang memengaruhi kebijakan larangan ekspor bijih nikel oleh Pemerintah Indonesia. Pertama, faktor individu Presiden Jokowi yang memiliki karakter presidensial aktif-positif dan melihat eksploitasi Sumber Daya Alam di masa VOC sebagai landasan historis pribadi (scheme) dalam membuat kebijakan larangan ekspor bijih nikel. Kedua, faktor pemanfaatan nikel oleh Pemerintah Indonesia melalui Program Hilirisasi Nikel dan Rencana Strategis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam memanfaatkan nikel. Ketiga, faktor permintaan nikel global pada sector industry otomotif berbasis listrik dan produk turunan nikel yang terus meningkat hingga 2030. Respon atas kebijakan larangan ekspor bijih nikel Indonesia dibagi menjadi empat tipologi, diantaranya respon Uni Eropa hingga menggugat Indonesia ke WTO, naiknya harga nikel internasional, respon negara Asia Timur, dan respon negara sesama produsen nikel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riedho, Muhammad Roehman Zainurroehmanriedho@gmail.comI72218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl 'Ainulm.qobid@uinsby.ac.id198408232015031002
Subjects: Kerjasama Internasional
Politik Internasional
Pertahanan Nasional
Keywords: kebijakan luar negeri; larangan ekspor bijih nikel; industri otomotif berbasis listrik; mobil listrik; marijke breuning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Muhammad Roehman Zainur Riedho
Date Deposited: 01 Nov 2022 05:25
Last Modified: 01 Nov 2022 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57612

Actions (login required)

View Item View Item