Tinjauan fiqh siyasah terhadap kekosongan jabatan direktur keuangan Kebun Binatang Surabaya dalam peraturan daerah Kota Surabaya nomor 17 tahun 2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hassan, Teuku Muhammad Fauzan (2022) Tinjauan fiqh siyasah terhadap kekosongan jabatan direktur keuangan Kebun Binatang Surabaya dalam peraturan daerah Kota Surabaya nomor 17 tahun 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Teuku Muhammad Fauzan Hassan_C95215107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menyatakan pertanyaan yang hendak dijawab dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana Analisis Yuridis terhadap Kekosongan Jabatan Direktur Keuangan Kebun Binatang Surabaya dalam Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 17 Tahun 2014? Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Dusturiyah Terhadap Kekosongan Jabatan Direktur Keuangan Kebun Binatang Surabaya?. Skripsi ini adalah hasil penelitian Normatif dengan menggunakan meliputi norma atau kaidah dasar, asas-asas hukum, peraturan perundang-undangan, perbandingan hukum, doktrin, serta yurisprudensi. Data penelitian dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks (text reading) dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif dalam bentuk deskriptif analitis. Hasil penelitian ini Pertama. Kekosongan Jabatan Direktur Keuangan telah melebihi batas waktu yang telah ditetapkan oleh Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 17 Tahun 2014. Hal ini merupakan penyimpangan jika ditinjau baik secara yuridis maupun prinsip good corcporate governance. Kepala Daerah Kota Surabaya harus secepatnya mengangkat Direktur Keuangan yang baru. DPRD juga mempunyai peran penting dalam menyelesaikan krisis ini, salah satu fungsi DPRD adalah pengawasan pelaksanaan Peraturan daerah, sesuai prinsip checks and balances. Kedua, Dalam fiqh siyasah dusturiyah, setiap organ Negara baik imamah/khalifah maupun ahlul halli wal aqdi dalam mejalankan tugas dan fungsinya wajib tunduk pada qanun. Dalam kasus ini tindakan pembiaran Walikota dan DPRD Kota Surabaya terhadap kekosongan jabatan Direktur Keuangan PD Taman Satwa Kota Surabaya adalah bertentangan dengan perintah qanun Peraturan Daerah No. 17 Tahun 2014. Hal ini bertentangan dengan konsep fiqh siyasah dusturiyah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pemegang otoritas tertinggi dalam wilayah hukum kebun binatang surabaya yakni Walikota Surabaya harus secepatnya mengangkat Direktur Keuangan yang baru, sesuai dengan amanat Perda Kota Surabaya No. 17 Tahun 2014, serta peran DPRD Kota Surabaya Lebih mengoptimalkan fungsi controlling dan checks and balances dalam rangka mengawasi pelaksanaan Peraturan Daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hassan, Teuku Muhammad Fauzantmfauzan.lp@gmail.comC95215107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Anisanisfarida@uinsby.ac.id0706087202
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Keywords: Fiqh siyasah; direktur keuangan Kebun Binatang Surabaya; peraturan daerah Kota Surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Teuku Muhammad Fauzan Hassan
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:26
Last Modified: 01 Nov 2022 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57614

Actions (login required)

View Item View Item