Kontekstualisasi konsep kehadiran anak sebagai tujuan pernikahan dalam al Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabillah, Adinda Syofiyatun (2022) Kontekstualisasi konsep kehadiran anak sebagai tujuan pernikahan dalam al Qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Syofiyatun Nabillah_E93218078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ikatan pernikahan sebagaimana dijelaskan dalam Alquran merupakan salah satu sarana atau media yang digunakan untuk meredakan kegelisahan jiwa laki laki dan perempuan, selain itu pernikahan juga merupakan sarana untuk menjaga kelangsungan keturunan demi menjaga regenerasi manusia di dunia melalui proses reproduksi. Dewasa ini, banyak pasangan baru dengan pemikiran modern nya menyuarakan keputusan untuk tidak menghadirkan anak dalam pernikahannya. Meningkatnya pilihan untuk tidak memiliki anak dalam pernikahan seakan bertentangan dengan fitrah manusia dan kandungan ayat Alquran tentang tujuan pernikahan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang: 1. Bagaimana penafsiran tentang konsep kehadiran anak sebagai tujuan pernikahan, 2. Bagaimana kontekstualisasi konsep kehadiran anak sebagai tujuan pernikahan dalam Alquran di masa sekarang. Dalam menjawab permasalahan tersebut digunakan metode content analysis, yaitu analisis yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber atau dokumen berupa buku, kitab kitab tafsir atau jurnal. Pada kajian ayatnya, digunakan metode maud}u’i konseptual, yaitu metode pengumpulan ayat yang membahas suatu topik tanpa memerlukan term atau istilah tertentu. Berdasarkan hasil analisis atas penafsiran pada ayat ayat Alquran yang menjelaskan mengenai kehadiran atau kedudukan anak dan ayat ayat tentang tujuan pernikahan, adalah bahwa kehadiran anak dalam keluarga merupakan salah satu faktor bagi suami istri untuk mencapai tujuan pernikahan yang saki>nah mawaddah dan rah}mah. Sehingga penting bagi pasangan muslim untuk senantiasa menjaga dan meneruskan keturunan di zaman ini untuk mewujudkan generasi penerus yang diharapkan dapat membawa kebaikan peradaban Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabillah, Adinda Syofiyatundindanabilah71@gmail.comE93218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Anak
Perkawinan
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kehadiran Anak; Tujuan Pernikahan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Adinda Syofiyatun Nabillah
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:46
Last Modified: 31 Oct 2022 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57623

Actions (login required)

View Item View Item