Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru RantauPengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa baru rantau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Wahyu Nur (2022) Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru RantauPengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa baru rantau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Nur Aisyah_J71218067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyesuaian diri adalah kemampuan individu dalam mengatasi tuntutan akademik, sosial, personal-emosional serta seberapa terikatnya dengan institusi. Kemampuan penyesuaian diri dibutuhkan mahasiswa baru rantau agar dapat mengatasi segala konflik dan masalah dalam masa transisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru rantau. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa tahun pertama UIN Sunan Ampel Surabaya yang melibatkan 255 mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisi regresi linier berganda. Ada empat instrument yang digunakan yaitu skala Scale Adjustment Colage Quesionnaire (SACQ), GSES (General Self-Efficacy Scale), dan Social Provisions Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial masing-masing menujukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penyesuaian diri. Demikian pula, dengan efikasi diri dan dukungan sosial yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap penyesuaian diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Wahyu Nurwahyunuraisyah14@gmail.comJ71218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorutami, lufiana harnanyLufianaharnany2017@gmail.com197602272009122002
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Penyesuaian Diri; Efikasi Diri dan Dukungan Sosial
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: wahyu nur aisyah
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:50
Last Modified: 31 Oct 2022 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57628

Actions (login required)

View Item View Item