Qurrat ayun dalam Al Quran: studi analisis Tafsir al Quran al Azim karya Ibnu kathir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Healfikri, Ubaidillah (2022) Qurrat ayun dalam Al Quran: studi analisis Tafsir al Quran al Azim karya Ibnu kathir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ubaidillah Healfikri_E73218072 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada dua pembahasan yakni; (1) analisa kebahasaan term qurrat a’yun (2) analisa penafsiran term qurrat a’yun di dalam Tafsir al-Qura>n al-‘Az}i>m Karya Ibnu Kathi>r. Penelitian ini menggunakan deskriptif-analisis. Dengan tujuan agar sebuah penelitian mendapatkan pemahaman secara mendalam mengenai term qurrat a’yun dalam al-Qur’an. Untuk mengupas makna term qurrat a’yun menggunakan kitab dan kamus-kamus kebahasaan dan untuk penafsirannya berasal dari kitab Tafsir al-Qura>n al-‘Az}i>m. Selanjutnya penafsiran Ibnu Kathi>r dianalisis dengan pendapat mufassir lain yang memiliki corak penafsiran yang sama. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis menemukan tiga kriteria yang masuk kedalam term qurrat a’yun ; Ibnu Kathi>r berpendapat bahwa sosok anak keturunan yang dapat menjadi penenang hati dan menyejukkan mata adalah anak yang senantiasa beribadah kepada Allah tanpa sedikitpun menyekutukanNya, melakukan amalan-amalan kebaikan yang dapat mengangkat derajat serta memberi kebaikan pula bagi orang tuanya yang menjadikan amal jariyah bagi orangtuanya. Selanjutnya Ibnu Kathi>r lebih menjelaskan tentang qurrat a’yun dalam prespektif istri adalah sosok yang taat kepada suami, berperilaku baik serta menjaga adabnya ketika suami tidak disisinya. Kemudian dari konteks pembahasan qurrat a’yun sebagai kenikmatan surga, Ibnu Kathi>r mengartikan bahwa surga adalah sebuah tempat yang telah disiapkan oleh Allah untuk hambanya yang salih dan keindahan didalam surga yang belum pernah terlihat, terdengar, tercium oleh manusia dan tidak pernah terlintas didalam benak hati manusia tentang keindahan surga tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Healfikri, Ubaidillahhealfikri10@gmail.comE73218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatulloh, Ah, NasichUNSPECIFIED2005195
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Qurrat ayun; Ibnu Kathir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ubaidillah Healfikri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:58
Last Modified: 04 Nov 2022 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57635

Actions (login required)

View Item View Item