Konseling behavior dengan teknik kontrak perilaku dalam mengatasi kecanduan gadget pada seorang anak di desa Payaman kecamatan Ngraho Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Enci Yulianita (2022) Konseling behavior dengan teknik kontrak perilaku dalam mengatasi kecanduan gadget pada seorang anak di desa Payaman kecamatan Ngraho Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Enci Yulianita Dewi_B73218087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil konseling behavior dengan teknik kontrak perilaku dalam mengatasi kecanduan gadget pada seorang anak di Desa Payaman Kecamatan Ngraho Bojonegoro. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif mengenai konseling behavior dengan teknik kontrak perilaku dalam mengatasi kecanduan gadget pada seorang anak di Desa Payaman Kecamatan Ngraho Bojonegoro yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa proses teknik kontrak perilaku dalam mengatasi kecanduan gadget melalui beberapa tahapan, yaitu : 1. Membangun kepercayaan dengan koseli, 2. Rasional kontrak perilaku, 3. Membuat kesepakatan bersama antara konselor dan konseli terhadap aturan-aturan terkait kontrak perilaku, 4. Memilih tingkah laku yang diubah dengan menggunakan analisis ABC, 5. Menentukan data awal (baseline data) dan kriteria tingkah laku yang akan diubah dan dicapai dalam kontrak, 6. Menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan beserta jadwal pemberian penguatan, 7. Memberikan reinforcement setiap tingkah laku yang diinginkan ditampilkan sesuai jadwal kontrak, 8. Memberikan penguatan pada setiap saat tingkah laku yang diinginkan menetap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Enci Yulianitaenciyulianita@gmail.comB73218087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwatah, Suwatah--2115126401
Subjects: Bimbingan Konseling
Candu
Perilaku
Anak > Kepribadian
Keywords: konseling behavior; teknik kontrak perilaku; kecanduan gadget
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Enci Yulianita Dewi
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:00
Last Modified: 02 Nov 2022 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57637

Actions (login required)

View Item View Item