Resiliensi mantan narapidana narkoba terhadap stigma negatif masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afani, Mochamad Ilham Bagus (2022) Resiliensi mantan narapidana narkoba terhadap stigma negatif masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Ilham Bagus Afani_J71216114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Resiliensi mengacu pada suatu adaptasi positif sesudah atau setelah menghadapi situasi yang sulit dan beresiko. Hal ini kerap kali terjadi pada para mantan Narapidana. Informan dalam penelitian ini adalah individu yang pernah terlibat kasus penyalahgunaan Narkoba dan pernah mengalami bullying dan diskriminasi oleh lingkunganya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung serta gambaran resiliensi pada mantan Narapidana Narkoba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan 1 informan utama yang merupakan mantan Narapidana Narkoba dan 2 Significant Others. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa informan memiliki gambaran resiliensi yang baik. Subjek dapat memenuhi aspek-aspek dalam resiliensi antara lain regulasi emosi, pengendalian impuls, optimism, causal analysis, empati, self efficacy, reaching out. Informan penelitian mengalami banyak kendala dalam proses resiliensinya yaitu stigma yang berupa diskriminasi sosial dari lingkungan. Faktor pendukung dalam proses resiliensi informan adalah dukungan sosial dari keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afani, Mochamad Ilham Bagusbagusilham1811@gmail.comJ71216114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Masyarakat
Psikologi Sosial
Keywords: Mantan narapidana; narkoba; masyarakat
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Mochamad Ilham Bagus Afani
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:31
Last Modified: 02 Nov 2022 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57669

Actions (login required)

View Item View Item