Konseling cognitive behavior dengan teknik play therapy untuk mengurangi attention deficit hyperactivity disorder (adhd) pada seorang anak di Pacar Kembang Tambak Sari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dianggi, Ayu (2022) Konseling cognitive behavior dengan teknik play therapy untuk mengurangi attention deficit hyperactivity disorder (adhd) pada seorang anak di Pacar Kembang Tambak Sari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Dianggi_B73218081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini mendeskipsikan tentang bagaimana proses dan hasil Terapi Cognitive Behavior dengan teknik Play Therapy dalam rangka mengurangi hiperakif pada anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang terjadi pada salah satu penduduk anak-anak di Kelurahan Pacar Kembang Kecamatan Tambak Sari Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara, dan home visit. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa proses teknik kontrak perilaku dalam mengatasi kecanduan gadget melalui beberapa tahapan, yaitu : 1. Konselor mengarahkan konseli (klien) untuk mempesiapkan diri dengan cara mandi dengan bersih dan dilanjut untuk berwudlu, 2. konseli ditempatkan pada tempat praktik konseling yang bersih dan nyaman, 3. konselor mengarahkan konseli untuk membaca basmalah seelah itu, konseli diminta untuk memilih permainan kognitif apa yang akan dilakukan nantinya dalam bimbingan konselor. Dalam penelitian ini juga terdapat perubahan pada diri konseli, terlihat ketika konseli sudah merasa lebih baik daripada sebelumnya dan merasa bahwa konseli bisa mengonrol dirinya. Konseli juga bisa fokus dengan apa yang dia lakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dianggi, Ayudianggiayu@gmail.comB73218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwatah, Suwatah-2115126401
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Keywords: Konseling cognitive behavior; teknik play therapy; attention deficit hyperactivity disorder; anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ayu Dianggi
Date Deposited: 03 Jan 2023 09:12
Last Modified: 03 Jan 2023 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57686

Actions (login required)

View Item View Item