Pengaruh forgiveness dan gratitude terhadap subjective well-being siswa SMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewanti, Ajeng Feby Putri (2022) Pengaruh forgiveness dan gratitude terhadap subjective well-being siswa SMA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajeng Feby Putri Dewanti_J01217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat subjective well-being yang tinggi sangat dibutuhkan agar siswa mampu mengurangi emosi negatif yang ada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh forgiveness dan gratitude terhadap subjective well-being pada siswa SMA. Penelitian ini melibatkan 250 siswa SMA kelas 10 di Surabaya. Teknik sampel yang digunakan adalah quota sampling. Metode penelitian menggunakan kuantitatif korelasional dengan uji regresi linier berganda sebagai analisis data. Ada empat instrument yang digunakan yaitu skala Satisfaction with Life Scale (SWLS), Scale of Positive and Negative Experience (SPANE), Heartland Forgiveness Scale, dan The Gratitude Quistionnaire-Six (GQ-6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa forgiveness dan gratitude berpengaruh terhadap terbentuknya subjective well-being baik bersama-sama maupun secara parsial. Kondisi memaafkan serta mensyukuri atas apa yang terjadi pada diri dan hubungan yang dijalankan dapat membantu siswa memiliki subjective well-being yang baik dalam menjalankan tugas perkembangan sebagai remaja

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewanti, Ajeng Feby Putriajengfeby19@gmail.comJ01217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Psikologi
Keywords: Subjective well-being; forgiveness; gratitude
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ajeng Feby Putri Dewanti
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:52
Last Modified: 02 Nov 2022 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57693

Actions (login required)

View Item View Item