Pengaruh penugasan jurnal belajar (Learning Journal) terhadap peningkatan hasil belajar Siswa Kelas VII pada Materi Perubahan Iklim di SMP Negeri 1 Babat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khofshoh, Yeni Arifah (2022) Pengaruh penugasan jurnal belajar (Learning Journal) terhadap peningkatan hasil belajar Siswa Kelas VII pada Materi Perubahan Iklim di SMP Negeri 1 Babat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeni Arifah Khofshoh_D0A218023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi perubahan iklim pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Babat. Hal ini disebabkan karena pemapatan materi selama pandemi covid-19 sehingga dibutuhkan inovasi pembelajaran yang baru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dan memberikan inovasi penugasan untuk melihat pengaruh penugasan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perubahan iklim di SMP Negeri 1 Babat.Tujuan dari peneltian ini, yaitu : 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dan penugasan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi perubahan iklim di SMP Negeri 1 Babat. 2) Mendeskripsikan pengaruh penugasan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi perubahan iklim di SMP Negeri 1 Babat. 3) Mengetahui respon peserta didik mengenai penugasan jurnal belajar terhadap hasil belajar materi perubahan iklim pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Babat.Model penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan untuk menguji masalah adalah Pre-test - post-test control group design. Desain penelitian Penelitian ini melibatkan dua kelompok yang dipilih secara random yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi secara langsung di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase hasil akhir observasi, uji paired t-test untuk hasil test dan analisis persentase angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran dan penugasan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perubahan iklim di SMP Negeri 1 Babat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian observasi kegiatan selama pembelajaran oleh guru dan siswa. Hasil dari pada data yang diperoleh dari observasi menunjukan kualifikasi baik terhadap kegiatan siswa dengan nilai akhir sebesar 70,65 dan sangat baik terhadap kegiatan guru dengan nilai akhir sebesar 75. 2) Terdapat pengaruh penugasan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perubahan iklim di SMPN 1 Babat. Hal ini dibuktikan melalui hasil output data dari uji t-independent yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan bukti hasil belajar kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata post-tset kelompok kontrol sebesar 48,55 lebih kecil dari pada post-test kelompok eksperimen sebesar 80,84. 3) Siswa merespon dengan baik adanya penugasan jurnal belajar. Hasil dari penilaian Indeks/TCR seluruh angket sebesar 71,93% dengan kualifikasi setuju terhadap penugasan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khofshoh, Yeni Arifahyeniarifah31@gmail.comD0A218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Srisriepid@gmail.com0925018203
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id197407172014112003
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Penugasan Jurnal Belajar (Learning Journal); Hasil Belajar Siswa; Perubahan Iklim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Yeni Arifah Khofshoh
Date Deposited: 01 Nov 2022 15:22
Last Modified: 01 Nov 2022 15:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57694

Actions (login required)

View Item View Item