Analisis wacana kritis: whistleblowing system pada Laporan Tahunan PT Telkom Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqidah, Liza Putri (2022) Analisis wacana kritis: whistleblowing system pada Laporan Tahunan PT Telkom Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liza Putri Aqidah_G72217065 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Wacana Kritis: Whistleblowing System pada Laporan Tahunan PT Telkom Indonesia” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penyajian whistleblowing system pada laporan tahunan PT Telkom Indonesia melalui perspektif analisis wacana kritis. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana kritis oleh Norman Fairclough. Analisis Wacana Kritis menurut Norman Fairclough adalah model analisis wacana yang mencakup tiga dimensi yaitu teks, discourse, dan sociocultural. Whistleblowing system adalah sebuah sistem yang sejalan dengan prinsip good corporate governance. Mekanisme Whistleblowing system berjalan sebagai upaya mengungkapkan suatu perbuatan yang melanggar seperti fraud yang dilakukan oleh whistleblower dengan menyampaikan informasi mengenai pelanggaran yang terjadi. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan PT Telkom Indonesia serta data pendukung yang diperoleh melalui media online. Hasil penelitian yang ditemukan adalah whistleblowing system di PT Telkom Indonesia diterapkan dan dilaporkan sesuai prosedur, khusus pada tahun 2019 Telkom menyatakan bahwa whistleblowing system berjalan dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena Telkom terus melakukan evaluasi tiap tahunnya hingga pada tahun 2018 memperoleh penghargaan terkait komitmennya dalam mendukung pemberantasan korupsi. Berdasarkan hasil analisis wacana kritis 3 dimensi oleh Norman Fairclaugh, diperoleh hubungan antara situasi sosial dan politik di dalam perusahaan dengan proses produksi dan konsumsi teks. Penyajian laporan whistleblowing system di PT Telkom Indonesia dilakukan dengan menunjukkan informasi pengaduan yang dilampirkan dalam bentuk tabel yang memerlukan beberapa penambahan informasi. Sosialisasi terkait mekanisme whistleblowing system dilakukan secara rutin setiap tahun kepada seluruh karyawan. Kemudahan mekanisme whistleblowing system memberikan dampak baik bagi perusahaan dalam mengawasi perusahaan maupun seseorang yang memiliki informasi mengenai fraud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqidah, Liza Putriputriliza035@gmail.comG72217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratnaanggrainira@gmail.com2028058903
Subjects: Akuntansi
Manajemen
Keywords: Whistleblowing system; analisis wacana kritis; whistleblower; Fraud
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Liza Putri Aqidah
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:56
Last Modified: 02 Nov 2022 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57729

Actions (login required)

View Item View Item