Analisis strategi marketing Mystery Box di Marketplace Shopee menurut perspektif Islamic marketing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adhani, Rahmah Marissa (2022) Analisis strategi marketing Mystery Box di Marketplace Shopee menurut perspektif Islamic marketing. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmah Marissa Adhani_G94218214 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Mystery box merupakan salah satu strategi marketing baru dengan cara penjual memasarkan produk di dalam box tanpa menyebutkan isi di dalamnya, sehingga pembeli tidak mengetahui dengan pasti apa barang yang akan didapatkan. Hal ini menyebabkan timbulnya keraguan dalam menggunakan strategi marketing mystery box menurut pemasaran Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penjualan mystery box di marketplace shopee dan bagaimana marketing mystery box di marketplace shopee menurut perspektif Islamic marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana hasil penelitian disajikan bukan berdasarkan angka melainkan dalam bentuk narasi. Penelitian dilakukan di toko Mubarok_Allshop dan toko Obral Murah Meria yang ada di marketplace shopee. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini terdiri dari penjual dan pembeli mystery box dari kedua toko tersebut. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa strategi marketing mystery box tidak sesuai dengan Islamic marketing. Penjualan mystery box masih ditemukan adanya ketidakjujuran dan ada kecurigaan tindakan penipuan di dalamnya. Strategi marketing mystery box juga tidak menerapkan karakteristik Islamic marketing diantaranya teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyah), dan humanistis (insaniyah). Saran yang dapat diberikan setelah memperoleh hasil dari penelitian ini adalah agar para peneliti selanjutnya bisa memperbaiki penelitian ini dengan lebih baik. Para penjual mystery box juga agar dapat menghentikan penjualannya dan mengganti dengan menjual barang yang memiliki karakteristik lebih jelas. Kepada marketplace shopee agar lebih mengawasi setiap transaksi yang terjadi. Pemerintah juga diharap bisa lebih tegas dengan memberikan peraturan yang melarang adanya unsur penipuan dalam kegiatan jual beli online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adhani, Rahmah Marissarahmahmarissa@gmail.comG94218214
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazza--
Subjects: Pemasaran
Keywords: Strategi marketing; mystery box; Islamic marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmah Marissa Adhani
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:45
Last Modified: 02 Nov 2022 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57735

Actions (login required)

View Item View Item