Efektivitas strategi scaffolding imwr (inspiring-modelling-writing-reporting) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pesawat sederhana di MTsN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Lailatul (2022) Efektivitas strategi scaffolding imwr (inspiring-modelling-writing-reporting) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pesawat sederhana di MTsN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Hidayati_D0A218010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi pesawat sederhana pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang bersifat konvensioal sehingga pembelajaran kurang efektif, serta siswa beranggapan bahwa semua jenis pesawat sederhana itu sama dan mereka kesulitan untuk membedakan setiap jenisnya, karena pemahaman konsep siswa berkurang dan masih belum kuat terhadap materi tersebut sehingga mempengaruhi hasil belajar. Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan strategi Scaffolding IMWR yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi scaffolding IMWR terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pesawat sederhana di MTsN 2 Sidoarjo. Jenis penilitian ini adalah quasi experiment atau penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang diterapkan adalah uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai antara sebelum penerapan perlakukan dan sesudah penerapan perlakuan. Perbedaan nilai tersebut mengalami peningkatan ditinjau dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa semua siswa kelas eksperimen setelah mendapatkan perlakuan nilai hasil belajarnya mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 75. Nilai terendah kelas eksperimen sebesar 78 dan nilai tertinggi sebesar 100. Perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yang dilakukan bahwa nilai signifikan (sig) sebesar 0,006 < alpha 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa strategi scaffolding IMWR efektif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pesawat sederhana di MTsN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Lailatullailahidaya26@gmail.comD0A218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Scaffolding IMWR; Pemahaman Konsep
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Lailatul Hidayati
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:57
Last Modified: 03 Nov 2022 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57745

Actions (login required)

View Item View Item