الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب هكذا عاشوا مع القرآن قصص ومواقف للدكتورة أسماء بنت راشد الرويشد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chilmi, Muhammad Zuhdan (2022) الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب هكذا عاشوا مع القرآن قصص ومواقف للدكتورة أسماء بنت راشد الرويشد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zuhdan Chilmi_A91218108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kalam insya’i dalam kitab yang berjudul “Hakadza ‘Asyu ma’al Qur’ani qishoshun wa mawaqifu” karangan Dr. Asma binti Rasyid ar-ruwaisyid. Kitab ini menerangkan bagaimana cara mentadabburi atau merenungkan makna dan isi Al-qur’an dilengkapi dengan kisah-kisah orang yang telah hidup dengan mengamalkan isi Al-qurán. Kitab sangatlah penting bagi umat muslim supaya hidupnya senantiasa mengamalkan Al-qur’an sehingga dapat berkah dan ridlo Allah SWT.Sedangkan Kalam Insya’i Thalabi adalah salah satu bab dalam cabang ilmu balaghah yakni ilmu ma’ani. Kalam Insya’I Thalabi terdiri dari amar (kata perintah)، nahi (kata larangan)، istifham (kata tanya)،tamanni (kata harapan)، dan nida’ (kata panggilan).Penilitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya derajat ilmu balgahah dibandingkan dengan ilmu-ilmu Bahasa yang lain. Selain itu dalam kitab ini juga ditemukan banyak kata dan kalimat yang mengandung ilmu balghah khususnya kalam insya’i thalabi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kalam insya’i thalabi beserta maknanya dalam kitab “Hakadza ‘Asyu ma’al Qur’ani qishoshun wa mawaqifu”. Sedangkan untuk metode penelitian dalam skripsi ini penliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chilmi, Muhammad Zuhdanmuhammadzuhdan2000@gmail.comA91218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Bahasa Arab
Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Hakadza asyu ma’al Quran; kalam insya’i thalabi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Zuhdan Chilmi
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:32
Last Modified: 04 Nov 2022 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57746

Actions (login required)

View Item View Item