Implementasi blended learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amila, Nirma (2022) Implementasi blended learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nirma Amila_D93218097.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari inovasi dalam dunia pendidikan yang terus dilakukan dengan adaptasi menyesuaikan perkembangan zaman sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik dan pembelajaran yang lebih efektif bagi peserta didik. Pada era new normal pandemi covid-19 SMA Khadijah mulai aktif menerapkan blended learning, dengan memadukan pembelajaran tatap muka di kelas dan memanfaatkan teknologi dalam penyampaian materi, tugas dan penilaian. Dalam menunjang kegiatan pembelajaran SMA Khadijah telah memiliki Learning Management System (LMS) internal yang disebut e-learning. Hal ini juga dilakukan SMA Khadijah sebagai upaya mempersiapkan diri dalam menghadapi era digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai 1) implementasi blended learning di SMA Khadijah Surabaya, 2) kualitas layanan pembelajaran di SMA Khadijah Surabaya, 3) prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya, 4) implementasi blended learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru dan siswa SMA Khadijah Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) implementasi blended learning di SMA Khadijah bertujuan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. 2) Layanan pembelajaran yang diberikan di SMA Khadijah disesuaikan dengan target pasar SMA Khadijah yang siswanya berasal dari kalangan menengah keatas, maka disini sekolah memberikan fasilitas terbaik, memberikan pembinaan OSN, Pembinaan sertifikasi Cambridge, pembinaan ICAS, pembinaan UTBK, pembinaan SBMPTN,dan program lain 3) Upaya yang dilakukan SMA Khadijah dalam meningkatkan prestasi akademik yaitu sesuai dengan tujuan SMA Khadijah yaitu menjadi sekolah bertaraf internasional dan menjadi rujukan sekolah Islam. Program yang selalu dikuti antara lain ada sertifikasi Cambridge, OSN, ICAS (International Competition and Assessment for School) dan program lain. Sekolah selalu memberikan bimbingan sebelum menghadapi program tersebut. 4) Implementasi blended learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya memberikan banyak manfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amila, Nirmaamilanima98@gmail.comD93218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Implementasi blended learning; Layanan pembelajaran; Prestasi akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Nirma Amila
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:07
Last Modified: 09 Nov 2022 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57762

Actions (login required)

View Item View Item