Nilai-Nilai Islam dalam Serat Bustam Salatin: pupuh maskumambang dan pupuh kinanthi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Unzilatin (2022) Nilai-Nilai Islam dalam Serat Bustam Salatin: pupuh maskumambang dan pupuh kinanthi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Unzilatin Nadhifah_A92218131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian yang berjudul “Nilai-nilai Islam Dalam Serat Bustam Salatin (Pupuh Maskumambang dan Pupuh Kinanthi)” ini merupakan kajian naskah. Naskah yang digunakan Naskah Serat Bustam Salatin Nomor 2047 M koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo. Fokus masalah dalam kajian ini adalah, 1) Bagaimana deskripsi naskah Serat Bustam Salatin, 2) Bagaimana suntingan, transliterasi dan terjemahan Pupuh Maskumambang dan Pupuh Kinanthi, 3) Apa saja nilai-nilai Islam yang terdapat di dalam Pupuh Maskumambang dan Pupuh Kinanthi. Penelitian ini menggunakan pendekatan filologi serta teori nilai, guna untuk mengetahui nilai-nilai Islam apa saja yang terdapat didalam Pupuh Maskumambang dan Pupuh Kinanthi. Metode yang digunakan adalah metode filologi, dilakukan dalam beberapa tahap yaitu Pemilihan Naskah, Inventarisasi Naskah; Deskripsi Naskah; Suntingan; Transliterasi dan Terjemah, edisi suntingan dan transliterasi menggunakan edisi faksimile, diplomatik dan standart; terakhir adalah Analisis isi. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa, 1) Naskah berasal dari Jepara yang ditulis oleh Rahaden Ayu Pangeran Citrasoma dari Jepara sekitar tahun 1529 H dan sekarang tersimpan di Museum Mpu Tantular Sidoarjo, naskah serupa tersimpan di Perpustakaan Universitas Indonesia dan Koleksi digital Perustakaan Nasional Republik Indonesia. kondisi naskah saat ini masih bagus dan dapat terbaca dengan jelas, hanya terdapat beberapa halaman depan yang hilang. 2) Naskah tertulis dengan huruf pegon dan berbahasa Jawa, terdapat beberapa kata dan kalimat yang tertulis dengan sambung dan makna yang samar. 3) Nilai-nilai yang terdapat didalamnya adalah Nilai Tauhid, Ajaran Kasih Sayang Terhadap Sesama, Ajaran Ibadah, Dzikir dan Doa serta Larangan-larangan dalam Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Unzilatinunzilatinnadhifah@gmail.comA92218131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Islam > Iman
Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Serat Bustam Salatin; Nilai Islam; Manuskrip
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Unzilatin Nadhifah
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:10
Last Modified: 28 Mar 2023 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57767

Actions (login required)

View Item View Item