PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH “MENGUCAP SALAM DAN BERJABAT TANGAN KEPADA GURU” DI SMP MA’ARIF NU HASANUDIN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiana, Rindah (2016) PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH “MENGUCAP SALAM DAN BERJABAT TANGAN KEPADA GURU” DI SMP MA’ARIF NU HASANUDIN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi .pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Melalui skripsi ini, penulis ingin mengetahui pembiasaan akhlakul karimah “mengucap salam kepada guru dan berjabat tangan” di SMP Ma’arif NU Hasanudin Surabaya. Dengan dua rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pembiasaan akhlakul karimah “mengucap salam dan berjabat tangan kepada guru” di SMP Ma’arif NU Hasanudin Surabaya (2) bagaimana dampak adanya pembiasaan akhlakul karimah “mengucap salam dan berjabat tangan kepada guru” di SMP Ma’arif NU Hasanudin Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan fenomenologi yang bersifat deskriptif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang yang berkaitan dalam penelitian ini. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta kuisioner.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembiasaan akhlakul karimah “mengucap salam dan berjabat tangan kepada guru” di SMP Ma’arif NU Hasanudin Surabaya sudah cukup dilaksanakan dengan baik meskipun belum maksimal dan perlu diperbaiki lagi. Terdapat tanggapan positif dari guru dan peserta didik dengan adanya pembiasaan ini yaitu peserta didik menjadi lebih sopan terhadap guru dan peserta didik tidak canggung senyum, sapa, salam jika berjumpa dengan guru baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini membuktikkan bahwa dengan adanya pembiasaan akhlakul karimah “mengucap salam dan berjabat tangan kepada guru” memberikan manfaat yang besar bagi siapa saja yang terkait.
Akhirnya sebagai tindak lanjut dari skripsi ini maka harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang perlunya memaksimalkan kegiatan tersebut sehingga menjadikan peseta didik lebih terbiasa dalam berakhlakul karimah “mengucap salam dan berjabat tangan kepada guru”
.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiana, RindahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Pembiasaan Akhlakul Karimah; Mengucap Salam dan Berjabat Tangan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RINDAH SHOFIANA
Date Deposited: 14 Apr 2016 01:25
Last Modified: 14 Apr 2016 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5778

Actions (login required)

View Item View Item