Pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi melalui pengolahan buah pisang di Dusun Langkir Desa Dukuh Kembar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kartika, Zuni (2022) Pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi melalui pengolahan buah pisang di Dusun Langkir Desa Dukuh Kembar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuni Kartika_B92216122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan masyarakatDusun Langkir yang memiliki aset yang melimpah yakni pohon pisang yang akan diolah menjadi brownies. pemberdayaan masyarakat yang ada di Dusun Langkir bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mensejahterakan kehidupan masyarakat di Dusun Langkir. Dalam penelitian ini berfokus pada tiga tujuan yakni pertama, membuat kelompok ibu-ibu kreatif dan inovatif. Kedua, membangun kepercayaan ibu-ibu untuk mengembangkan aset yang ada di desa atau yang dimiliki. Ketiga, mobilitasi aset atau potensi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Ased Based Community Development (ABCD) yang memiliki lima tahapan yang disebut dengan 5-D diantaranya yaitu: Discovery, Dream, Design, Define, Destiny.Dari lima tahapan tersebut peniliti mengajak masyarakat untuk lebih mengenali aset atau potensi yang ada di Desa dan di dalam diri mereka sendiri. Kemudian, peneliti mengajak masyarakat untuk memimpikan apa yang ingin di capai dimasa yang akan datang. Setelah menemukan potensi dan penguatan aset diDusun Langkir peneliti dan masyarakat membuat beberapa harapanuntuk mewujudkan perubahan guna untuk meningkatkan pendapatan atau perekonomian masyarakat. Aksi yang telah dilakukan oleh ibu-ibu Dusun Langkir yakni mengolah buah pisang menjadi brownies yang mana dengan adanya inovasi bisa menghasilkan hasil yang maksimal untuk penguatan ekonomi. Selain itu masyarakat juga dapat memanfaatkan dan mengelola hasil tanaman mereka sendiri menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi dalam meningkatkan usaha. Dengan adanya pemberdayaan yang dilakukan peneliti di Dusun Langkir mampu untuk melakukan perubahan sosial dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kartika, Zunizunikartika07@gmail.comB92216122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.comNIP. 197003042007011056
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; inovasi; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zuni Kartika
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:51
Last Modified: 04 Nov 2022 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57821

Actions (login required)

View Item View Item