Perbedaan agresi di tinjau dari segi fanatisme supporter sepak bola di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

islahiyah, ilun darojah siddiq islahiyah (2022) Perbedaan agresi di tinjau dari segi fanatisme supporter sepak bola di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilun Darojah Siddiq Islahiyah_J71215062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fanatisme suporter suatu klub sepak bola seringkali menimbulkan berbagai masalah, bentrokan kerap kali terjadi dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan agresi supporter sepak bola ditin-jau dari fanatisme. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu menjelaskan suatu sebab perubahan yang berdasarkan fakta-fakta yang terukur, maka data-data yang diperoleh nantinya berupa angka-angka (numerik). Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada 120 subjek suporter sepakbola di Jawa Timur, khususnya suporter Persebaya Surabaya, terdapat hubungan positif yang signifikan antara agresi dengan perilaku fanatisme suporter sepakbola. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil Koefisien korelasi (r) sebesar 0,315 dengan kata lain H1 diterima karena nilai signifikansi F hitung berada diantara 0.00 hingga 0.05. Sumbangan efektif variabel agresi terhadap fanatisme sebesar 9,9% sedangkan sisanya sebesar 90,1% perilaku agresi dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
islahiyah, ilun darojah siddiq islahiyahilundarojah19@gmail,comJ71215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatintaskforcenaila9@gmail.com2012067403
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Remaja
Keywords: Fanatisme; agresi; supporter; sepak bola; Surabaya
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ilun Darojah
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:08
Last Modified: 14 Nov 2022 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57855

Actions (login required)

View Item View Item