Tipologi dan ragam hias nisan di situs kompleks pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasasti, Maharani Firda (2022) Tipologi dan ragam hias nisan di situs kompleks pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu Jawa Timur. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maharani Firda Prasasti_A72218053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tipologi Dan Ragam Hias Nisan Di Situs Kompleks Pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik Jawa Timur” memiliki pokok pembahasan yaitu 1) Bagaimana keadaan Sidayu di masa kuno dan dimasa kini? 2) Bagaimana deskripsi nisan di Situs Kompleks Pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu? 3) Bagaimana hubungan kebudayaan Islam dengan Kebudayaan Lokal di Situs Kompleks Pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu? Skripsi ini menggunakan ilmu bantu arkeologi dengan pendekatan adaptasi kultural dan teori penetration pacifique. Dimana telah terjadi adaptasi kebudayaan yang dimoninasi kebudayaan baru dari pada kebudayaan lokal. Teori tipologi Hasan Muarif Ambary dan ragam hias Van der Hoop menjadi basis analisis kebudayaan lokal. Hadist Abu Dawud dan Tirmidzi mengenai arah hadap jenazah serta pendekatan historis mengenai kedatang Islam menjadi basis analisis kebudayaan Islam. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa 1)Sidayu masa kuno merupakan wilayah kabupaten dibawah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam dan saat ini menjadi kecamatan di Kabupaten Gresik. 2)Situs Kompleks Pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu terletak di belakang Masjid Kanjeng Sepuh yang memiliki 14 tipe bentuk nisan, 12 tipe ragam hias nisan, serta inskripsi beraksara Arab, Jawi, Pegon, dan Latin. 3)Kebudayan Islam ditemukan pada arah hadap makam utara ke selatan, penggunaan aksara Arab, dan penggunaan kalender Hijriah. Kebudayaan Islam ditemukan pada tipologi dan ragam hias nisan sesuai dengan tipologi Demak-Troloyo. Membuktikan kebudayaan Islam yang mendominasi kebudayaan lokal dapat diterima secara damai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasasti, Maharani Firdaa72218053@uinsby.ac.idA72218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorZulaili, I'in Nuriinzulaili13@gmail.com--
Subjects: Arkeologi
Budaya Islam
Kebudayaan
Keywords: tipologi; ragam hias; nisan; situs kompleks pemakaman Ki Kanjeng Sepuh Sidayu
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Maharani Firda Prasasti
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:51
Last Modified: 08 Nov 2022 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57859

Actions (login required)

View Item View Item