Attachment dan loneliness dengan kecemasan sosial pada remaja yang mengalami kekerasan emosional di masa kanak-kanak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Erika Dian (2022) Attachment dan loneliness dengan kecemasan sosial pada remaja yang mengalami kekerasan emosional di masa kanak-kanak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erika Dian Novitasari_J01218013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Hubungan Attachment dan Loneliness dengan Kecemasan Sosial pada Remaja yang Mengalami Kekerasan Emosional di Masa Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Alat pengumpulan data menggunakan skala Kecemasan sosial, Attachment dan skala Loneliness. Subjek dalam penelitian berjumlah 95 dari total 225 responden yang tersaring, melalui teknik purposive sampling. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan secara bersama-sama (simultan) antara Attachment dan Loneliness dengan Kecemasan Sosial dengan nilai signifikansi dalam pengujian regresi linear berganda menghasilkan F hitung sebesar 21.433 dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui 21.433 > 3,28. Kemudian nilai koefisien determinasi (r square = 0,321) yang berarti Sumbangan efektif variabel interaksi Attachment ayah dan ibu serta Loneliness secara bersama-sama terhadap variabel kecemasan sosial adalah sebesar 32,1%. Sedangkan hasil analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara Attachment Ayah dan Ibu dengan kecemasan sosial serta terdapat hubungan positif yang signifikan antara Loneliness dengan Kecemasan Sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Erika Diannovita.erika23@gmail.comJ01218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnany--0027027604
Subjects: Masalah sosial
Psikologi
Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: kecemasan sosial; attachment; loneliness
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Erika Dian
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:21
Last Modified: 08 Nov 2022 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57866

Actions (login required)

View Item View Item