Studi Komparatif Pemikiran Yusuf Qardhawi dan M. Dawam Rahardjo tentang bunga bank

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafiah, Nurul Lailatin (2022) Studi Komparatif Pemikiran Yusuf Qardhawi dan M. Dawam Rahardjo tentang bunga bank. Studi komparatif pemikiran Yusuf Qardhawi dan M. Dawam Rahardjo tentang bunga bank (103). (Unpublished)

[img] Text
Nurul Lailatin Nafiah_C92218166.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis Penelitian ini ialah kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan cara membaca dan menelaah pada literatur-literatut. Terutama literatur yang terkait dengan pemikiran Yusuf Qardhawi dan M. Dawam Rahardjo terkait dengan bunga bank. Penelitian ini bersifat deskriptif, analitik, dan komparatif yang dilakukan dengan cara menjelaskan, memaparkan serta membandingkan pemikiran kedua tokoh yang berbeda mengenai suatu persoalan dengan menggunakan pola pikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, temuan yang diperoleh penulis bahwa, Menurut pemikiran Yusuf Qardhawi, bunga bank pada dasarnya sama dengan riba yang dalam Islam hukumnya haram mutlak. Yusuf Qardhawi dalam memaknai ayat “ ad}’a>fan mud}a>’afah” ialah bukan sebagai syarat yang penting dalam pengaharaman bunga bank, karena pada dasarnya hukum dari bunga bank ialah riba, sebab sudah jelas bahwa riba yang dilarang dalam AL-Quran ialah setiap tambahan yang terdapat dalam pinjaman baik itu kecil atau pun besar. Sedangkan menurut pemikiran M. Dawam Rahardjo hukum dari bunga bank ialah diperbolehkan (mubah). M. Dawam Rahardjo cenderung melihat dari sisi moralitas dalam sebagai landasan diperbolehkannya bunga bank. M. Dawam Rahardjo cenderung memahami ayat yaitu “ad}’a>fan mud}a>’afah” yang sebagai titik dasar penolakan tentang keharaman bunga bank, karena ia memaknai bunga yang berlipat ganda dihukumi haram dan jika tidak berlipat ganda tidak dihukumi haram. Dengan demikian, kedua tokoh ini memiliki pendapat yang sangat berbeda dalam memaknai dan hukum dari bunga bank.Rekomendasi pada penelitian ini, penulis menyarankan perlunya adanya kajian yang lebih komplek tentang pendapat pemikiran-pemikiran ulama terkait bunga bank. Mengingat bahwasanya dimana masyarakat Indonesia yang mayoritasnya masih menggunakan perbankan konvensional dengan system bunga bank. Dengan adanya penelitian ini, penulis berharap hasil penelitian ini sebagai sumbangsih ilmu, terutama yang berkaitan dengan pemikiran-pemikiran ulama terkait bunga bank.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafiah, Nurul Lailatinnurullailatinnafiah@gmail.comC92218166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Bank Koperasi
Hukum Ekonomi
Keywords: bunga bank
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: nurul lailatin nafiah
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:30
Last Modified: 08 Nov 2022 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57869

Actions (login required)

View Item View Item