Pluralisme dan toleransi beragama: studi hermeneutika interpretatif atas esensi keagamaan pada hadis riwayat al-Bukhari no. 1311

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arisdiyanto, Fikri (2022) Pluralisme dan toleransi beragama: studi hermeneutika interpretatif atas esensi keagamaan pada hadis riwayat al-Bukhari no. 1311. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fikri Arisdiaynto_E95217053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ketika dihadapkan pada realita dan kondisi saat ini, di mana Islam sering dihadapkan pada banyak asumsi sentimen ditengah masyarakat sebagai agama yang intoleran, diskriminatif dan bahkan ekstrem. Seperti misalnya di kalangan umat Islam terdapat kelompok dengan pemhaman-pemhaman konserfatif bahkan ekstrim terhadap pemaknaan istilah jihad sebagai perang, atau doktrin dan pelarangan kegiatan ibadah terhadap kelompok agama lain dan sebagainya. Tindak kekerasan yang kerap terjadi dalam beberapa peristiwa, menunjukkan bahwa Umat Islam belum siap untuk melakukan kajian kritis atas doktrin-doktrin teologisnya. Ide tentang toleransi dan pluralisme hadir sebagai penyelamat sekaligus menjadi suatu fragment pembahasan yang unik untuk menjawab berbagai macam tantangan tersebut. Gagasan ini tentu mendapatkan respon yang cukup baik di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas dan ma‟anil hadis tentang toleransi dan kebebasan beragama dalam kitab Sahih al-Bukhari no. Indeks 1311, untuk mengetahui pemaknaan hadis Sahih al-Bukhari no. 1311 serta untuk mengetahui bagaimana analisis hermeneutika Paul Ricoeur tentang esensi keberagamaan pada teks hadis Sahih al-Bukhari no. 1311. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan hermeneutika interpretatif. Karya ilmiah ini disusun dengan cara mengumpulkan sumber-sumber kepustakaan (library reaserch), yaitu dengan mencari data pustaka yang ada dalam buku serta dilengkapi dengan literatur lain yang berhubungan dengan kajian yang dimaksud. Penelitian ini dilakukan dengan membaca, menelaah dan menganalisis konten buku dan didukung dengan pustaka yang berhubungan dengannya. Dengan kata lain, karya ilmiah ini merupakan kajian deskriptif-analitik yang berfungsi untuk menyelesaikan pesoalan tentang hadis tentang toleransi beragama dengan upaya pencarian esensi pengalaman keberagamaan. Rekontekstualisasi teks yang dihasilkan pada hadis di sini, yakni dengan menyesuaikan konteks awal dengan konteks baru yang dihadapi umat Muslim mutakhir saat ini. Dengan demikian, hadis tersebut tidak serta merta dimaknai secara tekstual sebagai bentuk penghormatan saja, akan tetapi bagaimana hadis tersebut dimaknai sebagai simbol keniscayaan akan pluralitas Agama yang kemudian direpresentasikan dengan sikap toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arisdiyanto, Fikriarisdiyantofikri@gmail.comE95217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Agama
Akhlak
Budaya Islam
Perilaku
Keywords: pluralisme; toleransi; keberagaman; hermeneutika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Fikri Arisdiyanto Arisdiyanto
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:11
Last Modified: 08 Nov 2022 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57873

Actions (login required)

View Item View Item