Konsep ketuhanan dalam buku Tuhan Maha Asyik karya Sujiwo Tejo dan MN Kamba perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Ananda Fani (2022) Konsep ketuhanan dalam buku Tuhan Maha Asyik karya Sujiwo Tejo dan MN Kamba perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Fani Fauziyah_E91218068 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus utama pada penelitian tentang konsep ketuhanan. Dimana pembahasan tentang Tuhan ini sudah dibicarakan sejak berabad-abad tahun lalu. Persoalan filosofis terkait eksistensi Tuhan ini menimbulkan beberapa spekulasi dan juga pemikiran sebagai bentuk bukti terkait keberadaan Tuhan. Buku Tuhan Maha Asik karya Sujiwo Tejo dan MN Kamba memberikan penjelasan tentang konsep ketuhanan dengan bahasa yang khas serta dituangkan dalam cerita yang realistis dipadukan dengan beberapa fenomena sosial yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan library research untuk menggali data pada buku Tuhan Maha Asyik dan juga sumber-sumber lain yang berkaitan. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan hermeneutika Hans-Georg Gadamer yang kemudian melalui teori fusi of horizon dapat ditemukan bagaimana bentuk interpretasi konsep ketuhanan dalam buku. Penelitian ini menghasilkan makna bahwa Tuhan Maha absolut, oleh karena itu pembicaraan mengenai teologi akan menarik kita masuk ke dalam wilayah kesejatian diri untuk mengenali Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Ananda Fanie91218068@uinsby.ac.idE91218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Agama
Filsafat
Tuhan
Keywords: Ketuhanan; buku Tuhan Maha Asyik; hermeneutika; Hans-Georg Gadamer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ananda Fani Fauziyah
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:15
Last Modified: 08 Nov 2022 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57880

Actions (login required)

View Item View Item