Implementasi supervisi klinis kepala sekolah dalam penguatan mutu pembelajaran di SDI Darut Taqwa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafitri, Wulan (2022) Implementasi supervisi klinis kepala sekolah dalam penguatan mutu pembelajaran di SDI Darut Taqwa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulan Syafitri_D93218113 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Penguatan Mutu Pembelajaran ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian bagaimana supervisi klinis, penguatan Mutu pembelajaran, serta bagaimana implementasi supervisi klinis kepala sekolah dalam penguatan Mutu Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Peneliti mendalami fenomena yang terjadi di lapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan para pendidik yang disupervisi. Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan bahwa 1) implementasi supervisi klinis dalam penguatan mutu pembelajaran terbilang cukup baik. supervisi klinis dilakukan pada seminggu sekali pada saat rapat evaluasi pegajaran. Apabila diperlukan untuk mensupervisi individual maka kepala sekolah akan mendata siapa saja yang akan disupervisi. Tahap supervisi klinis di SDI Darut Taqwa meliputi perencanaan atau pertemuan awal. Observasi kelas, dan pertemuan balikan. 2) Penguatan Mutu Pembelajaran di SDI Darut Taqwa dilakukan oleh guru atau kepala sekolah dengan memberikan penghargaan yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan perilaku postif sehingga motivasi dalam tujuan pembelajaran dapat meningkat. 3) penguatan mutu pembelajaran bisa dilakukan melalui program supervisi. Dengan cara Supervisor memberi respon positif beserta stimulus pada saat pertemuan tindak lanjut. Selain itu apabila hasil kinerja pendidik bagus kepala sekolah sebagai supervisor memberikan apresisasi berupa piagam penghargaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafitri, Wulanwulansyafitri2022@gmail.comD93218113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, HanunUNSPECIFIED196804101995032002
Thesis advisorMustafa, AliUNSPECIFIED197612252005011008
Subjects: Administrasi
Keywords: Implementasi; supervisi klinis; penguatan; mutu pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: wulan WS syafitri
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:43
Last Modified: 08 Nov 2022 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57886

Actions (login required)

View Item View Item