Hubungan dukungan sosial teman sebaya dan internal locus of control terhadap prokrastinasi akademik siswa MAN 6 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainun, Zulvi Afita (2022) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dan internal locus of control terhadap prokrastinasi akademik siswa MAN 6 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulvi Afita Ainun_J71217101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan internal locus of control terhadap prokrastinasi akademik siswa MAN 6 Jombang. Pada penelitian kuantitatif korelasional ini digunakan tiga alat ukur untuk mengumpulkan data yaitu skala prokrastinasi akademik, skala dukungan sosial teman sebaya, dan skala internal locus of control. Penelitian ini dilakukan di kelas XII MAN 6 Jombang. Subjek berjumlah 135 siswa dari total populasi sebanyak 220 siswa ditentukan dengan teknik, metode analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik (p =0,038 dan t = -2,098). Kemudian pada internal locus of control dengan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang signifikan secara negatif (p = 0,000 dan t = -6.293). Secara keseluruhan atau bersama-sama dukungan sosial teman sebaya dan internal locus of control dengan prokrastinasi akademik berhubungan secara signifikan (p = 0,000 dan F = 36.985). Terakhir variabel prokrastinasi akademik dipengaruhi/dijelaskan oleh variable dukungan sosial teman sebaya dan internal locus of control sebesar 35,9% serta sisanya sebesar 64,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disarankan untuk melakukan penelitian terkait prokrastinasi akademik dengan faktor-faktor yang lain, dikarenakan prokrastinasi akademik memiliki banyak faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainun, Zulvi Afitazulviafita132@gmail.comJ71217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Hubungan Masyarakat
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Dukungan sosial; internal locus of control; prokrastinasi akademik
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ZULVI AINUN
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:35
Last Modified: 09 Nov 2022 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57895

Actions (login required)

View Item View Item