Makna tradisi Pekande-kandea bagi Masyarakat Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salim B, Alawi Muhammad (2022) Makna tradisi Pekande-kandea bagi Masyarakat Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alawi Muhammad Salim B_E92217064 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tradisi Pakande-kandea merupakan tradisi masyarakat yang diselenggarakan karena syukur atas anugerah yang diberikan Allah dan tradisi ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi masyarakat Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum Kota Bau-Bau.Skripsi ini membahas tentang bagaimana kedudukan tradisi Pakande-kandea di masyarakat Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum Kota Bau-Bau. Di mana Tradisi Pakande-kandea merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh masyarakat setempat di Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum Kota Bau-Bau. Penelitian ini juga membahas keterkaitan pesan dalam proses Pakande- kandea dan implikasinya terhadap masyarakat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan study lapangan (field research) dalam pengumpulan data. Penelitian ini menentukan subjek dan objek penelitian dengan mengacu pada pedoman wawancara untuk melakukan wawancara dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedudukan tradisi pakande-kandea dalam masyarakat Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum Kota Bau-Bau adalah suatu kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai tradisi yang sudah dilaksanakan turun-temurun.Penelitian ini pula di temukan keterkaitan pesan dakwah dalam tradisi Pakande-kandea. Diantara tujuan dari dilaksanakan tradisi Pakande-kandea ini adalah untuk mensyukuri nikmat yang Allah berikan selama setahun dan mempererat silaturrahmi. selain mempererat tali silaturahmi beberapa nilai-nilai islam pula ditemukan dalam proses pakande-kandea, menghormati tamu, memberi makan anak yatim, menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan antar sesama, mengingat serta mendoakan para pahlawan terdahulu yang membela daerah Kota Bau-Bau ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salim B, Alawi Muhammadalawisalim617@gmail.comE92217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Agama
Kebudayaan
Adat
Keywords: Tradisi; ritual; Pekande-kandea
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Alawi Muhammad Salim.B
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:16
Last Modified: 30 Oct 2023 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57904

Actions (login required)

View Item View Item